kumparan
3 Desember 2018 17:22

Potret 5 Artis Cilik Era 2000-an yang Kini Beranjak Dewasa

Sederet artis cilik yang kini beranjak dewasa
Sederet artis cilik yang kini beranjak dewasa. (Foto: Infografik Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan)
Banyak sinetron yang digandrungi penonton televisi era 2000-an, melahirkan bintang-bintang cilik. Sebut saja, 'Lorong Waktu' dan 'Eneng dan Kaos Kaki Ajaib' misalnya.
ADVERTISEMENT
Ya, dua sinetron itu menjadi beberapa di antara sinetron yang populer pada masanya. Wajah para artis cilik kala itu juga masih tampak lugu. Namun kini, seiring bertambahnya usia, penampilan mereka sudah berubah.
Profesi yang mereka geluti juga berbeda. Ada yang masih aktif di industri hiburan Tanah Air, namun ada pula yang memilih vakum dari dunia yang telah melambungkan namanya dan mementingkan pendidikannya. Berikut kumparan merangkumnya.
1. Umay Shahab
Umay Shahab - Before dan After
Umay Shahab (Foto: Dok. Instagram)
Nama Umay Shahab mulai dikenal saat perankan Bobby, anggota geng yang paling kecil dan menggemaskan di sinetron 'Eneng dan Kaos Kaki Ajaib' yang tayang pada 2007 silam.
Kini, Umay sudah beranjak dewasa. Meski begitu, ia masih terlihat menggemaskan. Pria berusia 17 tahun itu tak hanya aktif di sinetron, tapi ia juga terjun di dunia tarik suara dan perfilman.
ADVERTISEMENT
Umay telah menelurkan dua buah album dan membintangi empat film. Salah satu proyek film terbarunya adalah 'Pohon Terkenal'. Dalam film tersebut, Umay berperan sebagai polisi bernama Bara Maulana. Ia juga beradu akting dengan Laura Theux yang berperan sebagai polwan bernama Ayu Sekarwati.
2. Esa Sigit
Esa Sigit
Esa Sigit. (Foto: YouTube Heart Series dan Instagram @y.o.r.e)
Nama Esa Sigit dikenal lewat perannya dalam serial 'Heart' yang tayang di salah satu televisi swasta pada 2006. Dalam serial tersebut, Esa Sigit berperan sebagai Didit, seorang anak sekolah dengan penampilan yang culun. Saat memerankan Didit, ia tampil dengan rambut klimis dan kacamata tebal.
Tercatat, Esa sudah membintangi lebih dari 15 sinetron. Selain sinetron, Esa juga muncul di beberapa film, seperti 'Basahhh...' (2008), 'Surat Kecil Untuk Tuhan' (2011), 'Masih Bukan Cinta Biasa' (2011), dan 'Tes Nyali' (2015).
ADVERTISEMENT
Tak hanya aktif di dunia seni peran, Esa juga terjun ke dunia tarik suara dengan membentuk Yore Band, yang beranggotakan Kevin Julio, Niko, dan Panji. Dalam band beraliran post-rock tersebut, Esa didapuk memegang posisi sebagai gitaris. Yore Band juga memiliki single berjudul ‘Fixed’.
Kini, di usianya yang sudah menginjak 24 tahun, Esa mengubah penampilannya dengan rambut gondrong.
3. Sakurta Ginting
Sakurta Ginting
Sakurta Ginting. (Foto: Instagram @sakurtahg dan YouTube Ahmad Suhendar)
Masih ingat Kipli di sinetron 'Kiamat Sudah Dekat' yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta pada 2005? Ya, peran tersebut dimainkan oleh Sakurta Harapen Ginting atau lebih dikenal dengan nama Sakurta Ginting.
Pria yang kini berusia 23 tahun itu memang sudah jarang muncul di layar kaca. Sakurta lebih fokus dengan pendidikannya. Kendati demikian, ia hanya mengurangi pekerjaan di dunia hiburan karena harus menyesuaikan dengan jadwal kuliahnya.
ADVERTISEMENT
Sebab, hingga saat ini pemain film 'Rindu Kami PadaMu' itu tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Ia juga tengah disibukkan dengan tugas akhir sebagai mahasiswa dan harus membagi waktunya untuk syuting series terbarunya yang bertajuk 'Mimpi Metropolitan'.
4. Jourast Jordy
Jourast Jordy
Jourast Jordy. (Foto: YouTube Lorong Waktu 2 dan Facebook Jourast Jordy)
'Lorong Waktu' menjadi salah satu sinetron yang paling ditunggu-tunggu saat Ramadhan tiba. Sinetron ini juga menjadi tayangan yang bertahan lama, tayang perdana di akhir tahun 1999 dan berakhir Juli 2006.
Salah satu karakternya yakni Zidan tak bisa terlepas dari sinetron ini. Jourast Jordy dipercaya untuk memerankan tokoh ini. Dalam sinetron tersebut, ia beradu akting dengan Deddy Mizwar (berperan sebagai Haji Husin). Mereka pun tampak akrab layaknya kakek dan cucu. Nama Jourast melambung dan menjadi dikenal oleh banyak orang dari 'Lorong Waktu'.
ADVERTISEMENT
Kini, pria berusia 25 tahun tersebut sudah jarang muncul di layar kaca. Setelah cukup lama menghilang, alumni Universitas Trisakti ini kembali terlibat dalam film 'Sang Pencerah' di tahun 2010.
Diketahui Jourast Jordy telah bekerja di bagian HR Recruitment and Selection di salah satu perusahaan. Ia juga telah menikah pada Februari lalu.
Jourast Jordy
Jourast Jordy. (Foto: Instagram @elpizo_photovideo)
5. Irshadi Bagas
Irshadi Bagas
Irshadi Bagas (Foto: Instagram @irshayukav_pct dan Instagram @irshadi.bagasputro)
Irshadi Bagas mengawali kariernya di film 'Mengejar Matahari' pada tahun 2004. Namun, nama Irshadi lebih dikenal saat memerankan karakter Farel kecil di film 'Heart' yang tayang pada 2006.
Setahun berselang, pria berusia 23 tahun itu kembali berperan sebagai Farel kecil di serial 'Heart' yang tayang di salah satu televisi swasta. Dalam serial itu, ia beradu akting dengan Yuki Kato dan Esa Sigit.
ADVERTISEMENT
Di tahun 2010-an, nama Irshadi mulai menghilang industri hiburan Tanah Air. Ia lebih memilih fokus terhadap pendidikannya. Pada Mei lalu, Irshadi diketahui baru saja menyelesaikan pendidikan strata satunya di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan