kumparan
3 Juni 2018 10:41

Said 'Bajuri' Kesepian Jalani Ramadhan Tanpa Istri

Said Bajuri (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Komedian Saleh Ali Bawazier atau akrab disapa Said 'Bajuri', harus melewati bulan Ramadhan tanpa didampingi istrinya, Alyah. Istri tercintanya tersebut meninggal dunia pada akhir Januari lalu karena didiagnosis mengidap penyakit Myelofibrosis atau kanker darah di tulang sumsum.
ADVERTISEMENT
Kepergian Alyah pun, membuat Said harus menjalani kehidupannya seorang diri, termasuk mengurus kedua anak mereka, Muhammad Saleh Bawazier dan Ali Saleh Bawazier.
"Ya memang ada sedikit perubahan, dari yang tadinya sama-sama istri, sekarang sendiri. Ya, musti kita jalanin karena life must go on,” ujar Said saat ditemui di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (2/6).
“Yang tadinya sahur dibangunin, dimasakin, sekarang sendiri, makan sendiri, tidur sendiri. Itu aja perbedaannya enggak kayak dulu,” sambungnya.
Augie saat membesuk istri Saleh Ali. (Foto: Instagram @augiefantinus)
Menjalani aktivitas tanpa kehadiran istri di sisinya, membuat pria berumur 40 tahun itu merasa kesepian.
"Pasti ane kesepian, siapa sih yang ditingalin (istri) enggak sepi. Sampai sekarang boleh dibilang belum move on. Cuma, ane kuat dan tegar. Kehidupan ane masih panjang, ane kalau keingatan almarhumah ane (baca surah) Al-Fatihah,” ucapnya.
ADVERTISEMENT
Rasa sepi itu memang semakin terasa di bulan Ramadhan ini. Apalagi istrinya, kata Said, termasuk sosok yang suka jahil.
"Kalau mau sahur, kadang-kadang dibanguninnya disiram pakai air. Terus ditepuk-tepuk. Anak pertama juga suka disuruh, 'Bangunin abah'. Itu sih yang bikin kangen," kenangnya sambil berusaha tegar.
Said Bajuri (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Said juga menuturkan bahwa anak pertamanya, Saleh, memang cenderung lebih 'lengket' dengan dirinya. Namun, ketika dirinya tak ada di rumah, maka kedua anaknya akan dititipkan di rumah orang tua Said.
“Makan sama ane, mandi sama ane, pokoknya apa aja kalau ane ada di rumah, (Saleh) enggak mau sama siapa-siapa. Tapi kalau ane enggak ada di rumah, baru mau disuapin sama siapa aja,” tuturnya.
ADVERTISEMENT
Selain rasa kehilangan yang begitu mendalam, Said juga mengatakan tak akan ada tradisi lebaran yang dilakukan seperti saat istrinya masih hidup. Said mengaku memilih untuk tidak belanja baju baru dan mengenakan apapun yang ia punya.
"Karena baju, sepatu, biasanya tuh yang beliin istri. Sudahlah paling malas belanja baju, kalau ada istri, istri yang gojlokin, ‘Ayo musti beli baju, sepatu’. Kalau enggak, kayak sekarang ane sudah seadanya aja,” beber Said.
Lantas, apakah pemain sitkom 'Bajaj Bajuri' ini akan melakukan ziarah ke makam istri di hari raya Lebaran nanti, ya?
“Ziarah sih ane kalau lagi lewat mampir (ke makam istri). Kalau mau ke kantor atau ke mana, 'kan selalu ngelewatin pemakaman di Menteng Pulo. Kalau lagi enggak buru-buru, mampir ke makam, singgah,” tandasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan