kumparan
16 September 2019 9:48

#SaveSpongebob, Kritik Fans Terhadap KPI soal Teguran Film Spongebob

Spongebob Squarepants
Spongebob Squarepants Foto: Foto : Giphy
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan teguran terhadap tayangan film kartun Spongebob Squarepants lewat surat bernomor 385/K/KPI/31.2/09/2019. Teguran tertulis itu dilayangkan KPI bagi stasiun televisi yang menayangkan Program Siaran ‘Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie’.
ADVERTISEMENT
Dalam tegurannya, KPI menilai banyak adegan kasar dalam Program Siaran ‘Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie’, yang ditayangkan oleh stasiun GTV pada 6 Agustus 2019 mulai pukul 11.14 WIB.
Pada segmen 'Rabbids Invasion' terdapat adegan seekor kelinci melakukan tindakan kekerasan terhadap kelinci lain, yakni memukul wajah dengan papan, menjatuhkan bola bowling dari atas sehingga mengenai kepala, melayangkan palu ke wajah, serta memukulkan pot kaktus menggunakan raket ke arah wajah.
LIPUTAN KHUSUS, Komisi Penyiaran Indonesia, Ilustrasi Komisi Penyiaran Indonesia
Ilustrasi Komisi Penyiaran Indonesia. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Adegan kasar juga terlihat pada Program Siaran 'Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie' yang ditayangkan oleh stasiun GTV pada 22 Agustus 2019 mulai pukul 15.02 WIB. "Terdapat adegan melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu,” tulis KPI dalam surat teguran di website resminya.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, KPI memutuskan untuk memberikan sanksi berupa teguran tertulis pada Program Siaran '‘Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie’. Keputusan KPI ini mendapat reaksi dari publik.
Media sosial Twitter ramai dengan #SaveSpongebob. Bahkan, tagar tersebut menjadi salah satu yang populer di Indonesia.
Para penggemar Spongebob menyampaikan kritik terkait keputusan KPI. Misalnya saja, ada yang berpendapat bahwa kartun Spongebob juga mengajarkan hal-hal yang positif buat anak-anak.
Tak hanya memberikan dampak positif, kartun Spongebob juga disebut menjadi tontonan yang menghibur bagi masyarakat.
Para penggemar Spongebob juga merasa KPI seharusnya melarang penayangan sinetron-sinetron Indonesia yang juga memuat adegan kekerasan.
Selain #SaveSpongebob juga ada #BubarkanKPI yang menjadi treding di Twitter. Dalam tagar tersebut, sutradara Joko Anwar menyampaikan pandangannya mengenai tayangan film kartun Spongebob yang ditegur KPI.
ADVERTISEMENT
"Kalau ada lembaga yang anggap tontonan kayak SpongeBob melanggar norma kesopanan, lembaga itu nggak layak dipercaya menilai apapun di hidup ini. #BubarkanKPI @KPI_Pusat," tulis Joko.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan