Entertainment
·
22 September 2020 8:31

Sedih, Single Baru Sandy Canester yang Unik dengan Balutan Nuansa Piano

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sedih, Single Baru Sandy Canester yang Unik dengan Balutan Nuansa Piano (22720)
Sandy Canester. Foto: Dok: Instagram @sandycanester
Tahun ini, penyanyi Sandy Canester sedang cukup sibuk merilis berbagai karya baru. Di bulan ini, ia menelurkan sebuah single dengan tajuk Sedih.
ADVERTISEMENT
Ini adalah satu karya yang tergolong unik. Sebab, Sandy, yang biasanya bernyanyi dengan alunan gitar, kini keluar dari zona nyaman dan menjadikan piano sebagai instrumen utama.
Sandy pun menceritakan apa alasannya memilih Sedih sebagai judul lagu. 
Sedih, Single Baru Sandy Canester yang Unik dengan Balutan Nuansa Piano (22721)
Sandy Canester. Foto: Dok: Instagram @sandycanester
"Karena selama ini kayaknya belum pernah ada satu judul lagu gue yang temanya sedih gitu. Sempat cari tahu juga seberapa banyak orang yang pakai kata Sedih sebagai judul dan enggak ada. Ya, sudah," ungkap Sandy Canester ketika diwawancarai kumparan, Senin (21/9). 
Dari segi tema, Sandy ingin membiarkan orang-orang memberi interpretasi sendiri. Namun, entah mengapa, lagu tersebut rasanya berkaitan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang tentunya menyedihkan bagi banyak orang. 
"Sebenarnya, ini lagu diciptakannya sudah lama. Tapi, momentumnya pas aja gitu dan relate sama kondisi sekarang karena musisi, kan, sedih, enggak bisa manggung, orang-orang juga sedih karena enggak bisa keluar," tuturnya.
Sedih, Single Baru Sandy Canester yang Unik dengan Balutan Nuansa Piano (22722)
Sandy Canester. Foto: Dok: Instagram @sandycanester
Sandy Canester juga membahas masalah piano yang ia pilih sebagai instrumen utama di lagu Sedih. Mulanya, hal itu tak ingin dilakukan. 
ADVERTISEMENT
"Saat itu, gue bikin aransemen pakai gitar. Setelah didengarkan, kok, kayaknya enak, ya, kalau dengan piano, lebih menggigit gitu," kata Sandy. 
"Jadi, gue share lagunya ke teman gue, Rio Ricardo. Gue kerjain bareng dia dan mulai memasukkan beberapa instrumen juga, kayak frozen sound dan strings," sambungnya.
Meski bermain dengan piano di luar dari kebiasaan, pria berusia 40 tahun itu tidak merasa kesulitan dalam merampungkan lagu Sedih. Bahkan, lagu bisa selesai dalam waktu yang relatif singkat. 
"Soal lirik itu satu hari, lagunya satu minggu selesai. Mungkin, karena saat gue mau mengaransemen ini, gue tahu bayangannya mau diapain gitu," ujarnya.
Video
Sandy Canester pun menjelaskan bahwa Sedih akan menjadi jembatan menuju album baru. Tanpa memberi tahu banyak detail, ia mengungkap kapan album barunya siap rilis. 
ADVERTISEMENT
"Jadi, nanti akhir tahun gue akan rilis satu single berbarengan dengan album baru. Single itu judulnya sama dengan album. Tunggu aja," ucapnya.
Saat ini, lagu Sedih karya Sandy Canester sudah tersedia di berbagai layanan streaming musik digital. Video lirik dan video klip dari lagu itu pun dapat disaksikan di YouTube