kumparan
21 Maret 2018 10:17

Selesaikan Skripsi di Usia 48 Tahun, Komeng Sebut Punya Utang Janji

Komeng
Komeng (Foto: Twitter @Agus_Jae)
Baru-baru ini, pelawak kondang Komeng baru saja menyelesaikan skripsinya di usia 48 tahun. Di usia yang tak lagi muda, pelawak yang memiliki nama asli Alfiansyah ini mendapatkan nilai A.
ADVERTISEMENT
Saat ditanya perasaannya telah menyelesaikan skripsinya di usia yang tak lagi muda, pelawak yang terkenal dengan jargon 'Spontan, Uhuy...' ini pun menjawab "biasa saja," kata Komeng sambil tertawa saat dihubungi kumparan (kumparan.com) melalui pesan elektronik.
Kabar bahagianya ini juga diunggah oleh Maman Suherman atau dikenal dengan nama Kang Maman melalui akun Twitternya. Ia mengunggah foto skripsi Komeng dan situasi saat Komeng selesai sidang.
Tenyata, skripsi yang dikerjakannya itu merupakan utang yang harus ia selesaikan. "Saya punya utang janji, suatu saat akan saya selesaikan. Alhamdulillah akhirnya selesai," ungkap Komeng.
Komeng pun harus rehat sejenak di dunia hiburan untuk menyelesaikan pendidikan strata pertamanya itu.
"Break dulu. Tapi nggak bisa sambil bekerja. Saya harus naek gunung, bukan turun gunung, apalagi turun berok," canda Komeng.
Komeng
Komeng (Foto: Youtube/MrAidit)
Tak merasa kesulitan dalam menyelesaikan skripsi, Komeng pun mengangkat tema yang masih berhubungan dengan lingkungan pekerjaan. Skripsinya tersebut tentang PaSKI (Persatuan Komedi Indonesia).
ADVERTISEMENT
"Nggak begitu sulit sih. Skripsinya tentang PaSKI. Kebetulan saya ketua PengDa PaSKI Jawa Barat. Jadi untuk penelitian tidak banyak makan waktu, makan biaya... makan pagi, makan siang tetep," kata Komeng sambil bercanda.
"Nggak ada dukanya juga, karena nggak ada yang sampe meninggal. Hehehe. Suka aja terus, karena kalau nggak suka bisa nggak kelar-kelar," tambahnya.
Komeng menyelesaikan skripsi selama satu tahun. Ia mengambil jurusan Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, Bekasi.
"(Saya) ambil manajemen, supaya lebih paham aja untuk me-manage diri sendiri. Makanya skripsinya juga nggak jauh dengan profesi saya, judulnya: 'Pengaruh Disiplin dan Pemberdayaan Terhadap Profesionalisme Anggota PaSKI Jawa Barat,” tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan