Entertainment
·
4 Agustus 2021 7:50
·
waktu baca 2 menit

Sempat Pasrah, Irwansyah Menangis Tak Menyangka Ibunya Bangun dari Koma

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sempat Pasrah, Irwansyah Menangis Tak Menyangka Ibunya Bangun dari Koma (161800)
searchPerbesar
Artis Irwansyah saat menggelar konferensi pers terkait keluarnya SP3 di kawasan Tebet, Jakarta, Rabu, (12/8). Foto: Ronny
Aktor Irwansyah ditinggal pergi untuk selamanya oleh sang ayah, H. Ummar Effendy, pada 8 Juli lalu. Tak lama setelah ayahnya meninggal, ibunda Irwansyah, Herlianah, jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit.
ADVERTISEMENT
Ibunda Irwansyah positif COVID-19. Kondisinya terbilang cukup buruk karena saturasi oksigennya di bawah 50 persen.
"Waktu itu kondisi mama sangat kritis, karena oksigen dalam darah mama tinggal 30 persen," ucap istri Irwansyah, Zaskia Sungkar, dalam video yang diunggah ke kanal YouTube The Sungkars Family.
Sempat Pasrah, Irwansyah Menangis Tak Menyangka Ibunya Bangun dari Koma (161801)
searchPerbesar
Irwansyah bersama keluarganya. Foto: Instagram @irwansyah_15
Zaskia Sungkar mengungkap kondisi Irwansyah saat itu. Menurutnya, sang suami selalu menangis setiap lima menit sekali karena memikirkan ibunya.
Segala cara dilakukan Irwansyah untuk menyelamatkan sang ibu. Mulai dari mencoba obat-obatan yang cukup sulit dicari dan mahal, hingga memberikan plasma darah konvalesen.
"Kita berdoa banget dan berusaha. Obat kita tanya sana-sini sama teman dokter. Sampai yang lumayan mahal ini obat, bukan mahalnya, tapi susahnya masyaallah dicari, sampai plasma juga. Dan, mama enggak membaik juga dengan obat itu," jelas pemain film Heart tersebut.
ADVERTISEMENT
Sempat Pasrah, Irwansyah Menangis Tak Menyangka Ibunya Bangun dari Koma (161802)
searchPerbesar
Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Foto: YouTube The Sungkars Family
Melihat kondisi ibunya yang tak kunjung membaik, aktor berusia 36 tahun tersebut mulai pasrah dan mencoba menyerahkan semuanya pada Tuhan.
"Aku merasa Allah mau ngajarin, 'Lu jangan bergantung sama manusia. Lu bisa punya teman siapa pun yang bisa cariin apa pun. Tapi Allah belum berkehendak, enggak akan bisa,'" tuturnya.

Ibunda Irwansyah Bangun Setelah Koma 3 Hari

Irwansyah mengatakan bahwa saat itu ibunya sudah koma selama tiga hari. Irwansyah dan keluarganya pun masih berdiskusi apakah sang ibu akan tetap dipasangi ventilator atau tidak. Sebab, saat masih sadar, ibunya sempat mengatakan bahwa ia tak mau dipasangi alat-alat medis jika kondisinya memburuk.
Akhirnya, pihak keluarga memutuskan agar obat-obatan untuk sang ibu dihentikan. Karena, obat-obatan dan plasma darah tidak berpengaruh di tubuh ibunya.
ADVERTISEMENT
Di tengah kekalutan itu, sebuah keajaiban pun datang. Suatu malam, Irwansyah menghubungi dokter lewat video call untuk melihat kondisi ibunya. Ia pun meminta dokter dan perawat untuk memperdengarkan ayat-ayat suci Al-quran ke ibunya.
"Tiba-tiba ada video, yang videoin mama. Dokter masangin murottal ke mama, tiba-tiba bangun. Mama bangun, melek matanya, terus spontan dia (dokter) rekam. Mama bangun, kayak mau ngomong, terus dia angkat tangannya," ujar Irwansyah sambil meneteskan air mata.
"Sampai sekarang kalau kita tanya ke mereka (dokter), mereka enggak tahu kenapa mama bisa kayak gitu, enggak tahu. Itulah keajaiban Allah. Allah mau ngajarin kita, lo mau punya uang sebanyak apa pun, mau bisa dapat obat apa pun, kalau Allah bilang belum, ya, belum, kalau Allah bilang kun fayakun, ya, kun fayakun," timpal Zaskia Sungkar.
ADVERTISEMENT