kumparan
27 Januari 2020 22:01

Seperti Fairuz, Sonny Septian Juga Emosi Saat Jadi Saksi 'Ikan Asin'

PTR, Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian, PN Jaksel
Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Fairuz A Rafiq menjadi saksi di sidang lanjutan kasus ‘ikan asin’ yang dilaksanakan pada Senin (27/1) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Tak cuma Fairuz, sang suami, Sonny Septian, juga dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi.
ADVERTISEMENT
Saat awal duduk di kursi saksi, Sonny terlihat santai dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan kuasa hukum Pablo Benua, Rey Utami, dan Galih Ginanjar.
Namun, lama kelamaan, Sonny tak kuasa menahan emosinya, saat pertanyaan yang diajukan mulai melebar ke mana-mana. Kemudian, Hakim Ketua Djoko Indiarto meminta Sonny untuk tenang.
“Septian, cool, senyum dulu, nah kalau senyum tambah ganteng, kalau merengut gantengmu hilang 50 persen,” kata Hakim Ketua Djoko Indiarto.
Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian, PN Jaksel
Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Kemudian, sidang dilanjutkan. Sonny pun bersikap kooperatif di dalam persidangan. “Insyaallah adil untuk istri saya,” ucap Sonny dengan nada tegas.
Setelah memberi keterangan, Sonny sempat mengajukan pertanyaan kepada Pablo Benua dan Galih Ginanjar, yang tengah duduk di kursi terdakwa.
ADVERTISEMENT
"Kalau ini terjadi kepada istri kalian gimana?,” ungkap Sonny Septian.
Namun, Hakim Ketua langsung melarang apa yang telah dilakukan oleh Sonny. Sebab, tugas saksi adalah hanya untuk menjawab pertanyaan, bukan memberi pertanyaan.
Fairuz A Rafiq, PN Jaksel
Fairuz A Rafiq usai memberikan kesaksian kasus ikan asin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Hakim Ketua lantas meminta agar Sonny mempercayakan kepada pengadilan, agar pembahasannya tidak melebar.
"Kalau ini (kasus) kan sudah panjang, biar serahkan pada Jaksa Penuntut Umum, Penasihat Hukum, dan Majelis Hakim," beber Djoko Indiarto.
Fairuz A Rafiq dan suaminya, Sonny Septian
Fairuz A Rafiq dan suaminya, Sonny Septian Foto: Instagram @sonnyseptian
Kasus 'Ikan Asin' bermula dari vlog berjudul 'GALIH GINANJAR CERITA MASA LALU' yang dipandu oleh Rey Utami dan ditayangkan di kanal YouTube milik Pablo Benua.
Dalam video itu, Galih Ginanjar mengupas kehidupan rumah tangganya dengan mantan istrinya, Fairuz A Rafiq, hingga tercetus ucapan 'Bau Ikan Asin'.
ADVERTISEMENT
Fairuz selaku pihak yang dirugikan kemudian melaporkan mantan suaminya itu ke kepolisian.
Setelah dilakukan pemeriksaan, Galih Ginanjar, Pablo Benua, dan Rey Utami kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Ketiganya mendekam di Rutan Polda Metro Jaya sejak Juli 2019.