kumparan
4 Februari 2020 22:22

Setelah 10 Tahun, Ady eks NAFF Siap Comeback ke Dunia Musik

PTR- Mantan vokalis NAFF Ady
Mantan vokalis NAFF, Ady. Foto: Dok. Trinity Optima Production.
Musisi Rusyaedi Makmun atau yang akrab disapa Ady sempat dikenal sempat menjadi vokalis dari grup musik NAFF. Usai rehat dari belantika musik sekitar 10 tahun, kini Ady siap kembali lagi memeriahkan industri musik.
ADVERTISEMENT
Salah satu caranya dengan mengaransemen lagu berjudul 'Kau Masih Kekasihku'. Lagu tersebut memang identik dengan grup band NAFF. Namun kini lagu tersebut bakal diberi nuansa baru dari sang penulis lagunya, Ady.
"Ya ini temanya showcase biasa aja sih sebenarnya. Kemarin tanggal 31 (Januari) kita sudah rilis 'Kau Masih Kekasihku' single pertama dan akan ada empat single lainnya yang menyusul," kata Ady di kantor Trinity Optima Production, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/2).
Mantan vokalis NAFF Ady
Mantan vokalis NAFF, Ady. Foto: Dok. Trinity Optima Production
Pelantun lagu 'Akhirnya Ku Menemukanmu' ini mengatakan bakal merampungkan albumnya dengan konsep solois. Nantinya, akan ada sejumlah lagu untuk menuntaskan keinginannya terjun ke dunia musik lagi dalam bentuk album.
Ady mengaku persiapannya dalam merilis album sempat tertunda karena belum menemukan waktu dan suasana yang tepat untuk melakukan hal tersebut.
ADVERTISEMENT
"Jadi yang bermasalah kemarin kenapa kita agak lama karena mau band, atau solois. Itu yang bikin kita lama. karena saya juga pengin banget nge-band tapi ternyata lebih dapat kena soulnya setiap lagu itu dibikin solo, artinya lebih banyak minimalis bermain dengan piano atau gitar," ucap Ady.
Mantan vokalis NAFF Ady
Mantan vokalis NAFF, Ady (kiri). Foto: Dok. Trinity Optima Production
Dengan adanya perilisan single tersebut, Ady ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa dirinya belum sepenuhnya 'mati' untuk bermusik. Justru dengan single tersebut, Ady ingin menunjukkan kesiapannya dalam menyemarakkan belantika musik Tanah Air.
"Saya belum mati, saya masih berjalan, saya masih ada di belantika musik Indonesia," ungkapnya.
Selepas dari NAFF, Ady tidak meninggalkan dunia musik. Namun karena jarang tampil di layar kaca, maka banyak orang yang menganggapnya telah tak main musik lagi.
ADVERTISEMENT
"Jadi orang pikirnya itu kalau artis eksis itu ada di TV, bagi saya tidak. Off air lebih menyenangkan bagi saya. Jadi itu kesannya, terus sebenarnya saya pengin membuktikan sama anak saya bahwa 'kenapa papa tidak di TV lagi', saya buktikan bahwa itu salah," jelas Ady.
Mantan vokalis NAFF Ady
Mantan vokalis NAFF, Ady. Foto: Dok. Trinity Optima Production
Lantas, ke mana saja Ady selama kurang lebih 10 tahun menghilang?
"Ya tadi itu saya cuma mengurusi anak semata wayang saya sendirian, membesarkan dia sampai dia sekolah SMP kelas dua sekarang. Terus bagi ilmu ke teman-teman yang masih muda yang ingin berkarir di industri musik Indonesia, memberitahu apa yang saya bisa selama saya berada di industri kemarin, karena mereka tidak menemukan cara membikin lagu yang bukunya enggak ada," tuturnya.
ADVERTISEMENT
"Jadi mereka datang seperti konsultasi tapi paling banyak saya ajari ke mereka adalah attitude sebenarnya bagaimana kita tetap humble di industri ini karena banyak musisi yang kocar-kacir sama popularitas," pungkas Ady.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan