kumparan
5 Juni 2018 19:13

Sisihkan 2,5 Persen Penghasilannya, Syahrini Santuni Ribuan Anak Yatim

Syahrini
Syahrini (Foto: Alexander Vito/kumparan)
Penyanyi Syahrini terbiasa memberikan santunan pada anak yatim. Jumlah santunan yang diberikan pelantun lagu ‘Sesuatu’ ini adalah 2,5 persen dari pendapatannya.
ADVERTISEMENT
“Alangkah keji dan berdosanya jika tidak menyantun. Sesuai ajaran, dari hasil bekerja saya 2,5 persen itu milik anak yatim dan kurang mampu. Serakah sekali kalau ada orang yang tidak suka berbagi,” kata Syahrini saat ditemui dalam acara santunan anak yatim di Masjid Azzikra, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/6).
Dalam acara itu, Syahrini memberikan santunan langsung kepada 2.250 anak yatim. Namun, ia mengaku memiliki total anak asuh yang disantuninya mencapai 6.500 anak.
"Harusnya 6.500 anak, tapi kita sudah pilah 2.250 yang belum pernah bertemu sama sekali dengan Syahrini," katanya.
2250 anak yatim yang diberi santunan oleh Syahrini
2250 anak yatim yang diberi santunan oleh Syahrini (Foto: Alexander Vito/kumparan)
Ia mengatakan dari sejak kecil sudah diajarkan oleh keluarganya untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Menurut Syahrini, sangat menyenangkan memberikan santunan pada orang lain.
ADVERTISEMENT
“Saya dari dulu sukanya berbagi sih sama orang. Menyenangkan hati orang banyak itu membahagiakan sekali. Dulu paling cuma ratusan, semakin ke sini sampai ribuan. Tapi tetap dikoordinir sama keluarga, enggak pakai EO. Ini ribuan anak yatim juga keluarga aja kumpulin, yang urus-urus goody bag, transport, dan lain-lain, itu keluarga semua,” tutur Syahrini.
Bagi Syahrini, memberikan santunan pada anak yatim merupakan salah satu bentuk ibadah serta bekalnya di dunia akhirat. Namun tak jarang niat baiknya dipandang negatif oleh orang lain.
Misalnya saja Syahrini dianggap riya karena membesar-besarkan mengenai santuan pada anak yatim. Namun, perempuan berusia 35 tahun ini tidak menjadikan hal itu sebagai beban pikiran. Sebab, ia sudah mendapat restu dari banyak ustaz.
ADVERTISEMENT
“Ini juga Syahrini sengaja menyiarkan ini ke masyarakat karena ustaz-ustaz bilang, supaya umat Islam bersatu, bisa saling membantu dan menolong satu sama lain. Alhamdulilahnya dengan segini banyak anak yatim, semua tertib. Itulah indahnya Islam,” ucap Syahrini. 
Syahrini bersama keluarganya
Syahrini bersama keluarganya (Foto: Alexander Vito/kumparan)
Syahrini mengatakan dirinya dan keluarga tidak hanya memberi santunan pada anak yatim. Sejak lama, keluarganya memiliki sebuah yayasan yang khusus menaungi janda-janda tua dari berbagai daerah di Indonesia.
“Sebetulnya kami sekeluarga punya yayasan kecil yang menaungi janda-janda tua di kampung-kampung. Karena sudah sepuh tidak bisa kami suruh ke sini. Biasanya kami yang datang ke sana menyambangi mereka,” kata Syahrini.
Syahrini
Syahrini di acara peluncuran Lakme di Senayan City (Foto: Munady Widjaja)
Tak hanya memberi santunan berupa barang, makanan, dan uang, tahun ini Syahrini juga memberi kado berupa siraman rohani. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan mengundang tiga ustaz terkemuka Indonesia untuk berdakwah.
ADVERTISEMENT
“Alhamdulilahnya, kalau di dunia hiburan ada tiga diva, kalau ini ada tiga ustaz, Felix Siauw, Kyai Haji Arifin Ilham, dan Yusuf Mansyur. Semua berdzikir dan berdakwah senang deh,” ungkap Syahrini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan