Entertainment
·
31 Agustus 2020 14:06

Siti Fauziah Ceritakan Kiat-kiat yang Membuat Aktingnya Tampak Natural

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Siti Fauziah Ceritakan Kiat-kiat yang Membuat Aktingnya Tampak Natural  (11950)
searchPerbesar
Bu Tejo, tokoh di dalam film Tilik yang diperankan oleh Siti Fauziah. Foto: Ravacana Films
Siti Fauziah tampak berakting dengan begitu natural ketika tampil sebagai Bu Tejo dalam film pendek berjudul Tilik. Saking naturalnya, akting perempuan yang akrab disapa Ozie itu membekas di benak penonton dan menjadikannya kian dikenal luas.
ADVERTISEMENT
Ketika berbincang dalam Vitual Talk kumparan episode 8 belum lama ini, Siti Fauziah berbagi kiat yang membuat aktingnya tampak begitu natural.
"Yang pertama yang jadi pegangan itu setia naskah. Jadi, naskahnya yang jadi pegangan gitu, lho," ucap aktris berusia 31 tahun tersebut.
Siti Fauziah Ceritakan Kiat-kiat yang Membuat Aktingnya Tampak Natural  (11951)
searchPerbesar
Siti Fauziah (31), pemeran Bu Tejo dalam film Tilik. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Setiap kali melakukan persiapan untuk tampil berakting, Siti Fauziah tak sekadar menghafal naskah. Ia berupaya mendalami dan memahami pula cerita dan latar belakang tokoh yang diperankan.
"Kerja keraktoranku itu, kalau ketemu naskah, yang pertama itu bedah naskah. Ini naskah mau ngomong apa, sebenarnya tujuannya mau bikin yang gimana di tokoh ini, tokoh ini berperan apa," ujar Siti Fauziah.
"Setelah itu diselesaikan, gantian saya pelajari PR keaktorannya. Jadi, secara sosiologis gimana, secara psikologis gimana, latar belakang keluarga gimana, dia tumbuh jadi orang yang gimana. Itu capaian-capaiannya, sih, yang saya pelajari sehingga membentuk suatu karakter," lanjutnya.
Siti Fauziah Ceritakan Kiat-kiat yang Membuat Aktingnya Tampak Natural  (11952)
searchPerbesar
Siti Fauziah, pemeran Bu Tejo dalam film Tilik. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan dan Youtube
Selain itu, ketika hendak berakting, di lokasi syuting maupun panggung teater, Siti Fauziah selalu berusaha masuk ke dalam karakter yang diperankannya. Ia akan benar-benar meninggalkan karakter asli dalam dirinya demi tokoh yang ia hidupkan.
ADVERTISEMENT
"Ini, kan, karena saya berangkatnya dari panggung (teater), ya. Ibaratnya, kalau sudah di panggung, sudah masuk karakter. Itu juga yang saya pakai ketika take film. Jadi, begitu sudah waktunya take, ya, lima hitungan mundur gitu sudah menyiapkan diri, sudah berubah," tuturnya.

Siti Fauziah Punya Kesamaan dengan Bu Tejo

Menurut Siti Fauziah, ada satu hal lain yang membuat aktingnya sebagai Bu Tejo di film Tilik tampak begitu natural.
"Mungkin sebenarnya kenapa orang-orang itu ngelihatnya natural banget gitu main (sebagai) Bu Tejo, tetap ada irisan yang sama antara saya sama dia, orangnya suka ngegas, orangnya itu gampang ngegas kadang-kadang. Kalau sama hal yang enggak benar, tuh, reaktif gitu, lho," pungkas Siti Fauziah.
ADVERTISEMENT