Entertainment
·
9 Oktober 2019 19:24

ST12 Perkenalkan Firman 'Idol' Sebagai Vokalis Baru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
ST12 Perkenalkan Firman 'Idol' Sebagai Vokalis Baru (78800)
Grup band ST12 meluncurkan single terbaru berjudul 'Kepingan Hati' sekaligus memperkenalkan Firman 'Idol' sebagai vokalis baru. Foto: kumparan/Alexander Vito
Berdiri sejak 2004, band ST12 menjadi salah satu jagoan musik pop melayu Indonesia. Namun, perpecahan terjadi pada 2011 dan Pepep (drum) pun harus melanjutkan perjuangannya di ST12 tanpa Charly (vokal) dan Pepeng (gitar) yang membentuk Setia Band.
ADVERTISEMENT
Sempat dua kali ganti vokalis dan vakum menelurkan karya, ST12 tahun ini kembali dengan semangat baru. Bersama label Nagaswara Records, ST12 merilis single repackage bertajuk 'Kepingan Hati'.
Bukan cuma single, ST12 juga mengumumkan vokalis baru yang sangat unik dan tak terduga. Ia adalah Firman Siagian, mantan finalis Indonesian Idol yang juga pernah menjadi vokalis dari band The Fly.
Menurut Indra, bassist ST12, ada alasan tersendiri mengapa dirinya dan Pepep memilih Firman sebagai vokalis baru. Selain karena datang dari satu tongkrongan yang sama, ada alasan lain yang juga penting.
"Firman ini saya rasa karakter vokalnya bisa banget mengisi sesuatu yang kurang di ST12. Dia juga beranjak dari Sumatra, di mana lagu melayu sangat kental di sana. Itu yang membuat kita dan Firman dari segi teknis, di studio lebih gampang," ungkap Indra ketika ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).
ADVERTISEMENT
Firman pun amat senang bisa bergabung di ST12. Apalagi, Pepep sudah cukup lama mengajaknya untuk menjadi vokalis dari band tersebut.
"Tahun 2014, Pepep udah datang ke saya ngajak, waktu itu semacam project featuring gitu ya. Tapi saya baru jalanin proyek solo, jadi tidak bisa. Akhirnya, waktu juga yang mempertemukan kita di tahun ini, Pepep datang ke saya lagi dan saya langsung 'Oke, ayo kita jalan'," tuturnya.
Permasalahannya, Charly van Houten masih menjadi vokalis paling ikonik dari ST12. Bagaimana tanggapan Firman mengenai hal itu? Tidakkah ia takut dibanding-bandingkan dengan pria berdarah Sunda itu?
"Bukan hal yang mudah untuk nge-mix dengan ST12, karena mereka memiliki karakter yang kuat. Mungkin sebagai pembeda saya akan kasih banyak sentuhan rock di ST12, tapi basic-nya tetap melayu," kata Firman.
ADVERTISEMENT
"Akhirnya memang saya seorang anak band. Hasrat band-nya enggak hilang, muncul lagi. Kawan saya memberikan kepercayaan sebagai vokalis sebuah band pop melayu besar di Indonesia itu sebuah kebanggaan buat saya," kata Firman lagi.
ST12 Perkenalkan Firman 'Idol' Sebagai Vokalis Baru (78801)
Firman ‘Idol’ Siagian Foto: Alexander Vito/kumparan
Lagu 'Kepingan Hati' sendiri pada dasarnya bukan lagu baru. Pepep menyatakan bahwa lagu tersebut sudah pernah rilis, namun bukan di Indonesia.
"Jadi, sebelumnya lagu ini sebenarnya beredar 2015. Tapi, memang khusus di Malaysia. Karena memang jujur, Pepep juga kepikiran gitu, ST12 kan dari Indonesia kenapa hanya edar di sana (Malaysia)," kata Pepep.
Single 'Kepingan Hati' saat ini sudah bisa didengarkan secara bebas di berbagai platform digital. Video klipnya pun sudah rilis secara resmi di Youtube.
ADVERTISEMENT