kumparan
Entertainment14 Maret 2018 12:24

Sule: Wajah Kampung, Rezeki Kota

Konten Redaksi kumparan
Komedian Sule
Komedian Sule (Foto: Instagram @ferdinan_sule)
"Wajah kampung rezeki kota", istilah tersebut sepertinya kerap disematkan pada sosok Entis Sutisna atau Sule. Ya, komedian yang wajahnya kerap menghiasi salah satu stasiun televisi swasta dan memiliki talkshow sendiri.
ADVERTISEMENT
Saat ini, ayah kandung Rizky Febian itu juga sedang mempromosikan film terbarunya. Di film berjudul 'Hongkong Kasarung' itu, Sule hadir sebagai pemeran utama.
Untuk dapat mencapai posisinya sekarang, tentu Sule sudah melewati banyak proses. Lewat story ini, kumparan (kumparan.com) mengajakmu melihat proses yang sudah dilalui Sule sebelum mencapai puncak kesuksesan. Let's go!
1. Kemunculan Perdana di API bersama SOS
Nama Sule mulai dikenal sejak dirinya mengikuti kompetisi lawak di salah satu televisi swasta, yakni Akademi Pelawak TPI (API). Bersama Ogi Suwarna dan Oni Suwarman, ia tergabung dalam grup lawak SOS dalam kompetisi yang digelar pada tahun 2005 tersebut.
Dalam setiap penampilannya di API, Sule memang sudah sering menyelipkan guyonan khas Sunda. Tak hanya itu, gayanya yang nyeleneh juga berpadu apik dengan Ogi dan Oni.
ADVERTISEMENT
Dalam kompetisi lawak tersebut, SOS selalu menunjukan penampilan yang mengundang tawa penonton. SOS pun keluar sebagai juara satu API.
2. Karier Bersama SOS
Setelah keluar sebagai juara API pada tahun 2005, tawaran pekerjaan pun bermunculan. Bersama SOS, Sule mendapat sebuah acara berjudul 'Saung SOS'.
Bersama Oni dan Ogi, penampilannya selalu dinantikan oleh penonton. SOS juga tak meninggalkan banyolan khas Sunda mereka dalam acara tersebut.
3. Awal masuk OVJ
Karier Sule semakin melesat setelah dirinya bergabung dalam acara 'Opera Van Java' pada tahun 2008. Ketika itu, ia bermain bersama Andre Taulany, Parto 'Patrio', Aziz Gagap, dan Nunung.
Di awal kemunculannya, Sule menjadi asisten dalang dalam acara tersebut. Namun, lambat laun Sule sebagai junior bisa mengimbangi para seniornya dan mampu memberi warna berbeda pada acara tersebut.
ADVERTISEMENT
Lawakan-lawakan OVJ saat itu memang sangat dekat dengan masyarakat. OVJ yang kental dengan nuansa slapstick mampu menjadi program lawak yang cukup digemari pada masanya.
Setelah OVJ, tawaran pekeraan lain pun mulai mendatangi Sule, mulai dari program televisi, FTV, hingga film.
4. Jajal dunia tarik suara
Di OVJ, Sule tak hanya menunjukan kemampuan melawaknya. Pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat, tersebut juga kerap menunjukkan keahliannya di dunia tarik suara.
Bahkan bersama OVJ, ia sempat membuat sebuah single bejudul 'Cenat Cenut'. Lagu tersebut merupakan parodi dari lagu yang SMASH yang sedang naik daun pada masa itu.
Sule juga tercatat pernah mengeluarkan single solonya seperti 'Bola Salju' dan 'Mimin I Love You'. Namun, lagu yang sempat menjadi hits saat itu ialah lagu yang berjudul 'Susis' atau 'Suami sieun istri'.
ADVERTISEMENT
5. Bermain FTV dan serial televisi
Karier Sule yang terus menanjak juga mengantarnya ke dunia film yang lebih luas, yakni bermain untuk beberapa FTV dan serial televisi.
'Dadang Dudung' adalah salah satu judul FTV terbaiknya. Kelucuan antara Andre dan Sule menjadi hal yang dapat kita nikmati dalam tayangan tersebut.
Tak hanya FTV, Sule juga sempat bermain dalam serial berjudul 'Awas Ada Sule'. Pada serial tersebut, Sule berperan sebagai asisten rumah tangga yang punya banyak akal.
6. Bermain film layar lebar
Tak puas tampil untuk serial televisi, Sule kemudian menjajal kemampuan aktingnya dengan berperan di film layar lebar. Dia pun menjadi pemeran utama di layar di film 'Sule, Ay Need You' dan beradu akting dengan Titi Kamal.
ADVERTISEMENT
Baru-baru ini Sule terlibat dalam sebuah film berjudul 'Hongkong Kasarung'. Tak hanya berperan sebagai pemain utama, Sule juga bertindak sebagai co-producer di film yang juga menampilkan Mang Saswi, Pamela Bowie, Iwa K, dan masih banyak lagi.
7. Menjadi Presenter Ternama
Sule pun didapuk sebagai presenter dalam program 'Pas Mantab'. Pada program itu, Sule berkolaborasi dengan dua rekannya di OVJ, Andre dan Parto.
Saat ini, Sule seolah telah mencapai puncak kariernya. Namanya kini dikenal sebagai salah satu presenter kenamaan di Indonesia.
Bersama Andre, ia menjadi pemandu acara dalam sebuah talkshow bertajuk 'Ini Talkshow'. Bukan seksdar talkshow biasa, dalam acara tersebut kita juga dapat menikmati sketsa-sketsa komedi yang kocak dan menghibur.
Kini, Sule telah menjadi komedian, penyanyi, pemain film, sekaligus presenter ternama. Namun, hal tersebut tidak didapatkan secara tiba-tiba, melainkan butuh berbagai proses yang telah ia lewati dan tak bisa kita lupakan begitu saja.
ADVERTISEMENT
Dulu, sebelum mengikuti API, Sule hanyalah seorang penjual jagung rebus, ayam goreng, dan kebaya di Ciawi. Bahkan saat melawak, dia hanya dibayar Rp 20 ribu.
Kini, setelah menjadi seorang public figure, Sule hidup berkecukupan. Pendapatannya sebagai seorang komedian pun cukup besar, bahkan kabarnya mencapai Rp 1 miliar dalam satu bulan. Selain itu, bisnis-bisnisnya di Bandung mulai dari salon hingga warnet juga laris manis.
Namun, ia tetap tidak lupa dengan dirinya dan mereka yang membantunya selama ini. Sule terus berkarya dan tetap rendah hati seperti sebelumnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan