Entertainment
·
21 April 2020 12:20

Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch, Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch, Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun (139874)
Gene Deitch. Foto: Dok: Instagram @cinefilosofworld
Tom and Jerry adalah serial kartun yang sangat populer di berbagai belahan dunia. Dilansir Deadline, salah satu sutradara dari serial itu, Gene Deitch, dikabarkan meninggal dunia di usia 95 tahun pada 16 April lalu.
ADVERTISEMENT
Deitch meninggal dunia di kediamannya di Praha, Ceko. Media Ceko pun sudah mengkonfirmasi kabar meninggalnya Deitch, namun belum diketahui apa penyebab pasti kematiannya.
Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch, Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun (139875)
Gene Deitch. Foto: Dok: Instagram @cinefilosofworld
Selain menyutradarai Tom and Jerry, Gene Deitch juga pernah mengepalai beberapa episode di serial kartun Popeye the Sailorman.
Ia pernah memenangkan kategori Best Animated Short Film di Piala Oscar 1960 berkat film Munro. Pada 1964, ia juga mendapat dua nominasi Piala Oscar berkat film Here’s Nudnik dan How to Avoid Friendship.
Ia juga pernah terlibat di film animasi pendek bertajuk Sidney’s Family Tree. Film itu mendapat nominasi di Piala Oscar 1958.
Sutradara Tom and Jerry, Gene Deitch, Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun (139876)
Gene Deitch. Foto: Dok: Instagram @moveeksmx
Pada 2004, Deitch menerima Winsor McCay Award, karena dianggap banyak memberi kontribusi di industri film animasi dunia.
ADVERTISEMENT
Gene Deitch memang lahir di Chicago, Amerika Serikat. Namun, pada 1959, ia berlibur ke Ceko dan tanpa disengaja bertemu istrinya, Zdenka. Sejak saat itu, ia tinggal dan membangun keluarga di Ceko hingga akhirnya meninggal dunia.