Entertainment28 Februari 2018 14:19

'The Disaster Artist', Potret Kekacauan Film 'The Room'

Konten Redaksi kumparan
'The Disaster Artist', Potret Kekacauan Film 'The Room' (1084773)
'The Room' vs 'The Disaster Artist' (Foto: YouTube)
Film 'The Disaster Artist' karya James Franco tidak banyak muncul sebagai nominasi di ajang penghargaan Academy Awards tahun ini. Film tersebut hanya dinominasikan untuk kategori Best Adapted Screenplay yang memang diadaptasi dari novel karya Greg Sestero dan Tom Bissell.
ADVERTISEMENT
Padahal, 'The Disaster Artist' mendapatkan dua nominasi besar di Golden Globes 2018. Film tersebut masuk persaingan untuk kategori Best Motion Picture - Musical or Comedy dan Best Performance in a Motion Picture ​- Musical or Comedy​ untuk James sebagai Tommy Wiseau.
Dari dua nominasi tersebut, 'The Disaster Artist' cuma berhasil membawa pulang piala Best Performance in A Motion Picture - Musical or Comedy atas akting James Franco. Sedangkan Best Motion Picture - Musical or Comedy dimenangkan oleh 'Lady Bird'.
Tak lama berselang setelah Golden Globes digelar, Franco tersandung kasus pelecehan seksual. Padahal, ajang penghargaan prestisius, baik musik atau film, sedang gencar menyuarakan Time's Up, sebuah kampanye anti-kekerasan seksual di lingkungan kerja.
ADVERTISEMENT
​Tapi, tahukah kamu ​bahwa film 'The Disaster Artist' merupakan film yang bercerita tentang behind the scene film 'The Room' (2003)? Itulah mengapa Sestero dan Bissell menuliskan film tersebut menjadi sebuah novel yang kemudian diadaptasi menjadi film.
Mari kita mulai dari film 'The Room'.
Film tersebut dibuat oleh Tommy Wiseau yang memiliki ambisi menjadi filmmaker dan aktor. Hingga saat ini, negara asal, usia, dan latar belakang kehidupan Tommy tetap menajdi sebuah misteri. Dia tidak pernah membocorkan informasi itu kepada siapa-siapa.
Greg adalah satu-satunya orang yang berteman dengan Tommy secara tulus. Itulah mengapa dia membantu Tommy menggarap film 'The Room'.
​'The Room' bercerita tentang ​cinta segitiga antara seorang bankir bernama Johnny (Tommy), kekasihnya Lisa (Juliette Danielle), dan sahabatnya, Mark (Greg). Kehidupan Johnny menjadi berantakan saat dia mengetahui Lisa mengkhianatinya dengan berselingkuh bersama Mark.
ADVERTISEMENT
Setelah film tersebut keluar di tahun 2003, pengkritik menyematkan 'The Room' sebagai 'the best worst movie ever made'. Salah satu fakta mengejutkan di balik pembuatan film tersebut, Tommy mengeluarkan kocek sebanyak USD 6 juta, setara USD 8 juta jika memakai kurs mata uang tahun 2007. Berarti, Tommy mengeluarkan sekitar Rp 109 miliar dari kantongnya sendiri.
Saat menjadi bintang tamu di acara 'The Tonight Show Starring Jimmy Fallon', Franco yang bertugas sebagai sutradara, produser, dan aktor utama mengatakan bahwa dia memiliki ketertarikan luar biasa terhadap film 'The Room'.
"Ada sesuatu dari film ini yang bikin nagih," kata James pada Desember 2017.
Maka dari itu, dia membuat film 'The Disaster Artist' yang berkiblat kepada buku novel karangan Sestero dan Bissell, serta film 'The Room' sebagai inspirasinya. Film tersebut bercerita tentang masa perkenalan Tommy dengan Greg, sulitnya pembuatan naskah 'The Room', hari-hari pengambilan gambar yang menyebalkan, hingga 'The Room' melakukan gala premiere untuk kali pertama.
ADVERTISEMENT
James Franco berperan sebagai Tommy, Dave Franco berperan sebagai sahabatnya, Greg, dan ada pula Seth Rogen, Ari Graynor, hingga Zac Efron dalam film 'The Disaster Artist'.
Film tersebut sedikit lebih mahal dibanding 'The Room' yang membutuhkan USD 6 juta. 'The Disaster Artist' membutuhkan anggaran sebanyak USD 10 juta atau Rp 137 miliar dan meraup keuntungan sebanyak USD 29 juta atau setara dengan Rp 397 miliar.
Yang menjadi sorotan dari film garapan Franco ini adalah, dia berhasil memainkan peran Tommy dengan ciamik. Mimik wajahnya, aksennya yang aneh, cara berbicaranya yang nyeret, mata yang sayu, hingga sifat menyebalkannya digambarkan Franco dengan sempurna.
Selain kemiripan dari segi fisik, sinematografi 'The Disaster Artist' juga meniru 'The Room'. Sehingga, penonton film 'The Disaster Artist' dapat merasakan sensasi yang sama ketika menonton 'The Room'.
ADVERTISEMENT
Aktor berusia 39 tahun itu bahkan memasukkan cuplikan perbandingan adegan film 'The Room' dengan 'The Disaster Artist' di bagian credit title.
Setelah melihat adegan ini, maukah kamu menyaksikan 'The Disaster Artist' sekaligus 'The Room' yang kacau balau?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white