kumparan
21 Januari 2020 14:51

'The Rise of Skywalker', Film 'Star Wars' dengan Review Terburuk

image.png
Poster film 'Star Wars: 'The Rise of Skywalker'. Dok: IMDb
Film 'Star Wars: The Rise of Skywalker' telah tayang sejak Desember lalu. Film besutan J.J. Abrams tersebut adalah film ke-9 atau film terakhir kisah 'Star Wars'.
ADVERTISEMENT
'The Rise of Skywalker' menghabiskan budget sebesar USD 275 juta atau Rp 3,7 triliun untuk dibuat. Film ini juga menghasilkan box office kurang lebih sebesar USD 1 miliar atau Rp 14 triliun.
Namun, angka pendapatan film tersebut berbeda dari dua film sebelumnya, 'The Force Awakens' dan 'The Last Jedi'. 'The Force Awakens', dengan budget sekitar USD 306 juta atau Rp Rp 4,1 triliun, menghasilkan USD 2 miliar atau Rp 27,3 triliun.
Star Wars The Rise of Skywalker
Adegan di film 'Star Wars The Rise of Skywalker'. Foto: YouTube/Star Wars
Sedangkan 'The Last Jedi', dengan budget USD 317 juta atau Rp 4,3 triliun, mendapatkan USD 1,3 miliar atau sekitar Rp Rp 17,7 triliun.
Hal ini membuat 'The Rise of Skywalker' kalah sukses dari dua film sebelumnya. Selain itu, laporan skor Tomatometer di Rotten Tomatoes juga memperlihatkan hasil serupa.
ADVERTISEMENT
Skor Tomatometer didapat berdasarkan pendapat ratusan kritikus film dan televisi yang ada di laman Rotten Tomatoes. Skor Tomatometer ini dihitung untuk film atau acara televisi yang sudah menerima setidaknya lima ulasan.
Rey di 'Star Wars: The Rise of Skywalker'
Rey memegang lightsaber di 'Star Wars: The Rise of Skywalker' Foto: Star Wars
Jika ada tanda tomat merah dalam review sebuah film atau acara televisi, berarti film tersebut telah memiliki sekitar 60 persen ulasan positif. Jika ada tanda percikan hijau, berarti film atau acara televisi tersebut memiliki ulasan positif kurang dari 60 persen.
Untuk film 'The Rise of Skywalker' di Rotten Tomatoes, skor Tomatometer menujukan 52 persen dari total 471 kritik yang masuk dan skor dari audiens sebesar 86 persen dari lebih 94 riu verified ratings. Ya, hasilnya sangat kontras.
image.png
Review film 'Star Wars: The Rise of Skywalker' di Rotten Tomatoes. Dok: rottentomatoes.com
Penilaian Tomatometer tersebut nyaris sama dengan rating Tomatometer untuk film 'Star Wars: The Phantom Menace', yakni percikan hijau sekitar 53 persen dan skor audiens sebesar 59 persen.
ADVERTISEMENT
Di posisi puncak, film 'Star Wars: The Empire Strikes Back' mendapatkan skor Tomatometer sebesar 94 persen dan skor audiens sebesar 97 persen. Di urutan ke-2, ada film 'Star Wars: The Force Awakens' dengan skor Tomatormeter sebesar 93 persen dan skor audiens 86 persen.
Kalau menurut kamu, berapa rating-mu untuk 'Star Wars: The Rise of Skywalker'?