kumparan
Entertainment31 Mei 2019 20:42

Thomas Djorghi Kenang 34 Tahun Perjalanan Karier di Industri Hiburan

Konten Redaksi kumparan
Thomas Djorghi
Thomas Djorghi. Foto: Giovanni/kumparan
Thomas Djorghi merupakan salah satu artis senior yang hingga kini terbilang cukup aktif di industri hiburan Tanah Air. Tahun ini, ia rupanya genap 34 tahun berkarier di industri hiburan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Thomas mengaku tak menyangka dirinya bisa cukup lama bertahan industri hiburan tanah air. Apalagi hingga saat ini, ia masih mendapatkan tawaran pekerjaan di dunia hiburan, baik on air ataupun off air.
“Kaget juga sih kemarin saya tahu itu dari piala pertama kali yang saya dapat itu ada tanggalnya bulan dan tahunnya 18 mei 1985 gitu, wah berarti sudah 34 tahun ya,” kata Thomas Djorghi ketika ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (31/5).
Tak hanya itu, penyanyi yang akan menginjak usia 50 tahun ini juga kembali mengenang masa-masa susah saat mulai merintis karier.
Ia mengaku dulu sering jalan kaki untuk mendatangi lokasi syutingnya. Apalagi, fasilitas kala itu belum memadai bagi Thomas.
ADVERTISEMENT
“Dulu kan enggak seperti sekarang ya, semua fasilitas ada. Jadi, gimana caranya saya mendapat pekerjaan kalau enggak nyamperin. Sekarang bisa lewat telepon atau kendaraan umum. Dulu ada, tapi dananya yang enggak ada,” tuturnya.
Kemudian, Thomas mengaku rela menginap ketika jarak tempuh ke lokasi syuting terbilang cukup jauh. Bukan di hotel bintang lima, pelantun tembang ‘Sembako Cinta’ itu malahan rela tidur di emperan toko dan halte bus.
“Karena satu sudah kepagian, dua saya enggak punya dana untuk pulang walaupun syuting-syuting banyak tawaran, tapi kan dananya enggak langsung keluar kan. Berapa minggu atau beberapa bulan, baru keluar,” ujarnya.
Lebih lanjut, ia juga menceritakan soal bayaran pertamanya di dunia hiburan. Kala itu, Thomas hanya mendapatkan honor dari syuting pertamanya sebesar Rp 25 ribu.
ADVERTISEMENT
“Jadi honor pertama Rp 25 ribu dicopet orang, sedompet-dompetnya. Jadi honor kedua baru ngerasain,” tukasnya.
Thomas Djorghi
Thomas Djorghi. Foto: Giovanni/kumparan
Dibalik pahit perjalanan kariernya, Thomas juga menikmati hasil dari perjuangan itu. Bahkan kini, Thomas mengaku semua keinginannya di industri hiburan Indonesia juga telah tercapai.
“Kan dulu mau jadi bintang film awalnya nih, menjadi artis nyanyi sudah juga ya. Cuma ya yang belum kesampaian apa ya, semuanya sudah. Nge-host juga sudah. Apa ya yang belum? Kayaknya sudah semua sih,” tuturnya.
Abang dari Sultan Djorghi itu mengatakan bahwa untuk mendapatkan itu semua, bukan hal yang mudah. Tapi baginya, yang tersulit saat ini adalah mempertahankan setiap pencapaian.
“Ya jadi tinggal mempertahankan aja sih yang saya jaga sekarang. Apalagi saya sebagai pekerjaan seni, harus terus mempertahankannya,” pungkas Thomas Djorghi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan