kumparan
search-gray
Entertainment24 Juli 2018 19:39

Admin Fanbase K-Pop Ungkap Risiko Jalani Bisnis Paid Promote

Konten Redaksi kumparan
Admin Fanbase K-Pop Ungkap Risiko Jalani Bisnis Paid Promote (76323)
Ilustrasi wanita berbelanja online. (Foto: Thinkstock)
Bisnis paid promote bukan lagi hal asing di kalangan pengguna Instagram. Ada banyak akun dengan followers ratusan ribu bahkan jutaan membuka bisnis jasa iklan lewat media sosial mereka. Termasuk akun-akun fanbase K-Pop.
ADVERTISEMENT
Meski terdengar menggiurkan, namun tentu selalu ada risiko yang mengintai para pemilik akun yang menjalani bisnis paid promote. Hal ini juga pernah dirasakan Oki Aulia, salah satu admin sekaligus pemilik fanbase K-Pop @seputar_kpop di Instagram.
Mahasiswi yang akrab disapa Oki tersebut bercerita jika akun yang dikelola bersama rekannya, Fauziah, pernah diprotes oleh salah satu pengikutnya. Pasalnya mereka dianggap ikut terlibat dalam penipuan yang dilakukan oleh sebuah online shop gadungan.
"Pernah ada online shop penipu. Terus ada customer yang tertipu. Dia lapor ke kita. Dia bilang dia tahu online shop tersebut dari iklan kami, dia kecewa banget. Jadi kesannya kita ikut andil dalam penipuan tersebut," cerita gadis asal Pekanbaru ini kepada tim kumparanK-Pop via Whatsapp.
ADVERTISEMENT
Admin Fanbase K-Pop Ungkap Risiko Jalani Bisnis Paid Promote (76324)
Admin fanbase K-Pop (Foto: Facebook @OfficialYGWINNER)
Oki pun kemudian menjelaskan kepada korban bahwa akun yang mereka kelola sama sekali tidak tahu menahu mengenai masalah tersebut.
Tentu ada rasa kecewa yang dialami Oki dan Fauziah saat itu. Mereka pun mencoba membantu korban dengan menghubungi pihak pengelola online shop, yang sebelumnya menggunakan jasa paid promote di akun Instagram yang mereka kelola.
Sayangnya, kontak online shop tersebut tidak bisa dihubungi lagi bahkan akun K-Pop tersebut menghilang.
"Tapi kami enggak bisa kontrol apakah semua online shop (yang menggunakan jasa paid promote di akun mereka) terpercaya atau tidak. Karena kami juga enggak bisa menjamin," lanjutnya.
Bisnis paid promote sendiri biasanya dilakukan oleh akun Instagram yang memiliki banyak followers. Dalam setiap promosi, mereka akan mengunggah 'iklan' dalam feed atau Insta Story dari akun klien. Harga untuk setiap promosi iklan ini pun berbeda-beda, mulai dari Rp 25 ribu hingga jutaan rupiah.
ADVERTISEMENT
Sistem pembayarannya pun beragam, klien bisa melakukan pembayaran iklan lewat transfer bank atau mengirimkan pulsa dengan nominal tertentu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white