kumparan
search-gray
Entertainment8 Juni 2020 9:39

BTS dan Big Hit Berdonasi 14,2 Miliar untuk Aksi Black Lives Matter

Konten Redaksi kumparan
BTS
BTS. Foto: Twitter/@bts_bighit
Aksi solidaritas melawan rasisme Black Lives Matter masih mendapat banyak perhatian dan dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. Selain menyuarakan keadilan, mereka yang berpartisipasi juga menggalang donasi untuk mendukung gerakan ini.
ADVERTISEMENT
Salah satu selebriti Korea yang ikut memberikan donasi untuk gerakan Black Lives Matter adalah, BTS. Dilansir Variety, RM cs dan Big Hit Entertainment telah menyumbangkan dana sebesar satu juta dolar atau setara Rp 14,2 miliar, kepada organisasi yang berpartisipasi dalam kampanye Black Lives Matter.
Nantinya, sumbangan tersebut akan dialokasikan untuk mendukung beragam kampanye Black Lives Matter, serta memberikan keadilan bagi orang-orang kulit hitam yang diperlakukan tidak adil.
"Orang-orang kulit hitam di seluruh dunia saat ini menderita akibat trauma penindasan selama berabad-abad. Kami tersentuh dengan kemurahan hati BTS dan rekan-rekan di seluruh dunia, yang ikut bersolidaritas dalam rangka memperjuangkan hidup orang kulit hitam," ujar Direktur Pelaksana organisasi Black Lives Matter, yakni Kailee Scales.
BTS
BTS Festa 2019. Foto: Facebook/Bangtan Official
BTS juga telah menyuarakan dukungan mereka di akun Twitter @bts_twt dan menulis, "Kami berdiri melawan diskriminasi ras. Kami mengutuk (segala) kekerasan. Kamu, aku, dan kita, punya hak untuk dihargai. Kita akan berdiri (menghadapi diskriminasi) bersama-sama. #BlackLivesMatter."
ADVERTISEMENT
Terinspirasi dengan donasi yang dilakukan BTS, para penggemar akhirnya memutuskan untuk menggalang dana atas nama Army (fans BTS). Berdasarkan akun Twitter @OneInAnARMY yang memulai penggalangan dana, per hari Senin (8/6), jumlah donasi yang dikumpulkan penggemar berhasil menyamai angka yang diberikan grup pelantun Boy With Luv tersebut.
Dana ini sendiri berhasil dikumpulkan dalam kurun waktu sekitar 24 jam, sejak donasi tersebut dibuka. Saat ini, organisasi penggalang dana On In an Army tengah menargetkan donasi sebesar 1,1 juta dolar atau setara Rp 15,4 miliar.
Dana yang digalang para penggemar akan dialokasikan uang jaminan para pendemo Black Lives Matter yang ditangkap secara brutal. Juga untuk mendukung organisasi advokasi orang kulit hitam, yang berjuang melawan ketidakadilan sistem masyarakat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, donasi ini juga akan digunakan untuk menunjang kesehatan fisik dan mental komunitas orang kulit hitam.
Laporan: Thahira
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white