Entertainment
·
15 September 2021 12:25
·
waktu baca 2 menit

BTS Jadi Utusan Khusus Presiden Korea Selatan, Akan Hadiri Sidang Umum PBB

Konten ini diproduksi oleh kumparan
BTS Jadi Utusan Khusus Presiden Korea Selatan, Akan Hadiri Sidang Umum PBB (143207)
searchPerbesar
BTS jadi pemegang paspor diplomatik Korea Selatan Foto: Twitter/@bts_bighit
BTS resmi ditunjuk sebagai utusan khusus untuk diplomasi publik oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae In, di Cheong Wa Dae atau Kantor Kepresidenan Republik Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
BTS akan memulai kegiatan dengan sungguh-sungguh sebagai utusan khusus presiden untuk generasi dan budaya masa depan, dengan menghadiri sesi tahunan Sidang Umum PBB di New York minggu depan.
Rencananya, presiden dan ketujuh anggota BTS akan hadir dalam agenda Momen Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Momen SDG) Dekade Aksi yang diadakan pada 20 September 2021.
BTS akan berpidato selama sesi tersebut dilengkapi dengan pemutaran video klip dari penampilannya.
“Merupakan suatu kehormatan dapat melakukan sesuatu dengan gelar ini, sebagai utusan khusus presiden untuk generasi mendatang dan budaya,” ujar RM BTS, dikutip dari Yonhap.
Pemilik nama asli Kim Namjoon itu mengatakan BTS selalu berpikir bagaimana membalas kasih yang telah mereka terima.
Presiden Moon juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BTS karena meningkatkan martabat Republik Korea melalui K-pop dan budaya Korea.
ADVERTISEMENT
“BTS adalah topik yang diangkat berkali-kali pada awal dialog dalam pertemuan dengan para pemimpin asing, yang membuat kegiatan diplomatik menjadi ‘lebih mudah’,” katanya.
Sementara, Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung Sook mengatakan bahwa BTS memainkan peran besar dalam menyebarkan bahasa Korea ke luar negeri, dengan banyak orang asing belajar bahasa tersebut untuk memahami lirik lagu-lagunya.
Kantor Kepresidenan Republik Korea Selatan menambahkan, BTS ditunjuk karena dinilai telah menyampaikan pesan kenyamanan dan harapan ke seluruh dunia.
"Kehadirannya di Majelis Umum PBB kali ini diharapkan menjadi kesempatan yang berarti untuk memperluas komunikasi dengan generasi masa depan di seluruh dunia dan menarik simpati mereka pada isu-isu internasional utama,” terangnya.

BTS Dapat Paspor Diplomatik

BTS Jadi Utusan Khusus Presiden Korea Selatan, Akan Hadiri Sidang Umum PBB (143208)
searchPerbesar
Boyband asal Korea Selatan BTS Foto: Twitter/@bts_bighit
Dengan dijadikan utusan khusus, BTS juga memegang paspor diplomatik Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Sebagai pemegang paspor diplomatik Korea Selatan, BTS bisa bepergian ke 199 negara atau wilayah tanpa visa.
Mereka juga bisa mendapatkan pelayanan khusus di bandara, seperti tidak akan dikenakan penundaan waktu, dan pemeriksaan keimigrasian yang lebih cepat.