kumparan
search-gray
Entertainment22 Januari 2020 17:46

Fans X1 Gelar Aksi Demo Minta Pertanggung Jawaban CJ ENM

Konten Redaksi kumparan
Boyband X1
Boyband X1. Foto: Twitter/@x1official101
Fans boyband X1, One It, berkumpul menggelar aksi demonstrasi di depan gedung CJ ENM, Rabu (22/1). Dalam demo ini, fans meminta CJ ENM bertanggung jawab atas pembubaran X1.
ADVERTISEMENT
Sekitar 1.000 penggemar X1 berkumpul di depan gedung CJ ENM dan melakukan aksi silent protest selama kurang lebih satu jam. Ada tiga tuntutan yang diajukan oleh asosiasi fans X1 kepada CJ ENM, selaku perusahaan yang membuat acara Mnet 'Produce X 101' dan mendebutkan boyband X1.
Tuntutannya antara lain meminta CJ ENM bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh anggota X1 dan fans X1, mengumumkan hasil putusan untuk membuat grup baru pada 31 Januari. Dan yang terakhir melakukan rapat dengan agensi tiap anggota X1 pada 7 Februari.
Para fans beranggapan, suara mereka dan anggota X1 tidak didengar para petinggi, saat keputusan pembubaran grup dibuat. Fans meminta CJ ENM untuk mengumpulkan kembali, anggota grup yang masih ingin melakukan promosi bersama, dan membentuk grup baru.
ADVERTISEMENT
"Kami tidak akan menghentikan perjuangan kami, sampai CJ ENM menerima tuntutan. Dan jika kami tidak menerima respons positif pada tanggal yang kami minta, kami akan terus melakukan protes dengan skala yang lebih besar, dan dalam berbagai bentuk," ungkap perwakilan asosiasi fans seperti dilansir Soompi.
Menanggapi hal ini, CJ ENM mengatakan pihaknya merasa bertanggung jawab atas pembubaran X1.
"Kami berpikir sangat disayangkan, situasi baru-baru ini menyebabkan pembubaran X1, setelah diskusi antara agensi anggota, dan kami merasa sangat bertanggung jawab. CJ ENM akan terus secara aktif mendukung kegiatan anggota X1," ungkap perwakilan CJ ENM.
Selama protes berlangsung di Korea Selatan, fans dari penjuru dunia memberikan dukungan dengan membuat tagar #BringBackNewX1 dan #CJTakeTheResponsibility di Twitter.
Boyband X1
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Boyband X1 debut dengan anggota yang sukses meraih posisi 11 teratas dalam survival show Mnet 'Produce X 101.' Grup ini terdiri dari Wooshin, Kim Yohan, Seung Youn Cho, Han Seung Woo, Lee Han Gyul, Nam Do Hyon, Song Dong Pyo, Cha Jun Ho, Song Hyeong Jun, Lee Eun Sang, dan Kang Min Hee.
ADVERTISEMENT
X1 debut pada Agustus 2019, lewat album 'Emergency: Quantum Leap', dengan single andalan 'Flash'.
Meski meraih popularitas sebagai rookie monster, grup ini tersandung kasus dugaan manipulasi voting. Dari hasil penyelidikan, polisi menangkap beberapa staf dan produser program acara, yang diduga terlibat manipulasi voting. Salah satunya adalah produser Ahn Joon Young.
Setelah kasus manipulasi voting mencuat, X1 menunda bahkan membatalkan aktivitasnya di berbagai acara, termasuk penampilan di 'V Live Awards V Heartbeat' dan 'MAMA 2019'.
X1 lalu dibubarkan pada Januari 2020.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white