Entertainment11 November 2019 18:22

Kata Agensi Soal Anggota X1 yang 3 Bulan Belum Digaji

Konten Redaksi kumparan
Kata Agensi Soal Anggota X1 yang 3 Bulan Belum Digaji (1443443)
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Boyband bentukan survival show Mnet 'Produce X 101', X1, saat ini tengah dilanda prahara. Setelah muncul kasus manipulasi hasil voting, baru-baru ini terdengar kabar jika anggotanya belum mendapat gaji setelah 3 bulan debut.
ADVERTISEMENT
Dilansir Soompi, yang mengutip media Korea Sport Seoul, X1 yang debut pada Agustus 2019 dengan 11 anggota, hingga saat ini belum menerima bayaran. Padahal, penjualan album fisik mereka mencapai 570.000 keping. Belum ditambah penjualan album digital, dan promosi lewat acara-acara lain termasuk variety show.
Meski begitu kesebelas anggota belum mendapat gaji untuk semua kegiatan tersebut.
Kata Agensi Soal Anggota X1 yang 3 Bulan Belum Digaji (1443444)
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Beberapa narasumber dari industri hiburan Korea memberikan tanggapan. Mereka mengatakan, dengan usia grup yang masih seumur jagung, meski populer, tidak menjamin mereka akan mendapat bayaran yang sesuai.
"Sulit untuk mengetahui nasib grup tersebut. Dengan situasi saat ini, tidak menjamin jika pembayaran (gaji) yang sesuai akan dilakukan, untuk kegiatan yang telah berlangsung sampai saat ini," ujar narasumber tersebut.
ADVERTISEMENT
Hal ini kemudian ditanggapi oleh agensi Swing Entertainment. Pihaknya mengklarifikasi pemberitaan soal anggota X1 yang belum mendapat gaji.
"Sudah sekitar 3 bulan sejak X1 debut, jadi memang benar mereka belum menerima pembayaran (gaji). Bahkan jika keuntungan sudah diperoleh dari penjualan album digital dan fisik, perlu waktu untuk menyelesaikan (pembukuan) keuntungan," ujar perwakilan tersebut.
Kata Agensi Soal Anggota X1 yang 3 Bulan Belum Digaji (1443445)
Boyband K-Pop X1 Foto: Facebook/@x1official101
Ia juga menambahkan tiap kontrak punya kesepakatan yang berbeda-beda. Kontrak dengan pembayaran gaji per tiga bulan adalah hal yang wajar.
"Sejauh yang kami tahu, keuntungan dari penjualan album digital dan fisik mereka belum disortir. Jadi normal jika saat ini mereka belum mendapat bayaran," tuturnya.
Pemberitaan terkait karier anggota X1 saat ini memang menjadi topik panas. Pekan lalu dilaporkan, jika anggota X1 belum menandatangani kontrak dengan CJ ENM.
Kata Agensi Soal Anggota X1 yang 3 Bulan Belum Digaji (1443446)
Boyband X1 Foto: Instagram/@x1official101
Setelah kasus dugaan manipulasi hasil voting muncul, polisi lantas melakukan penyelidikan. CJ ENM sendiri tetap meneruskan debut X1. Beberapa anggotanya menyatakan ingin menandatangani kontrak dengan CJ ENM, setelah hasil investigasi keluar.
ADVERTISEMENT
Berbagai kegiatan X1 sendiri saat ini tengah ditunda. Hal ini berkaitan dengan ditangkapnya produser Mnet, Ahn Joon Young, yang bertanggung jawab atas produksi 'Produce X 101' dan 'Produce 48'. Ia mengakui melakukan manipulasi hasil voting di kedua acara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white