kumparan
13 Januari 2019 12:07

Review: Melihat Realita Pendidikan Korsel Lewat Drama Korea Sky Castle

Drama Korea Selatan, 'Sky Castle'. (Foto: JTBC)
Drama Korea selalu menarik untuk dibahas. Dengan konsep matang serta proses produksi yang tak setengah-setengah, serial asal negeri K-Pop ini selalu menyisakan kesan mendalam bagi para penggemarnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu drama Korea yang sedang banyak diperbincangkan adalah 'Sky Castle'. Drama yang ditayangkan oleh stasiun televisi kabel Korea, JTBC, sejak 1 Desember 2018 ini menyajikan jalan cerita unik yang sangat berbeda dengan drama-drama Korea yang lain. Persisnya, soal kompetisi ketat dunia pendidikan di Korea Selatan. Inilah yang menjadikan drama Korea ini begitu dicintai oleh penonton di negeri asalnya, juga di berbagai negara lainnya.
Video
'Sky Castle' diawali dengan pertemuan empat keluarga elite yang tinggal di komplek mewah bernama Sky Castle. Pertemuan itu bertujuan untuk memberikan ucapan selamat kepada Park Young Jae, putra dari kepala kedokteran Park Soo Chang, yang berhasil diterima sebagai mahasiswa kedokteran Universitas Seoul. Meski terlihat akrab, namun keempat keluarga tersebut sebenarnya sama-sama ingin menyombongkan pendidikan dan prestasi anak masing-masing.
ADVERTISEMENT
Masalah timbul ketika Lee Myung Joo, ibu Park Young Jae yang terlihat selalu bahagia dan tidak memiliki masalah tiba-tiba bunuh diri. Alasannya nekat bunuh diri menjadi misteri yang tak diketahui oleh siapa pun di Sky Castle.
Namun, sebelum tewas, Lee Myung Joo sempat memberikan saran kepada tetangganya, Han Seo Jin, mengenai tips untuk masuk ke Kedokteran Universitas Seoul, seperti Park Young Jae. Saat itu, Han Seo Jin yang ambisius dengan pendidikan putrinya dan tak menyadari kalau tips yang diberikan Lee Myung Joo dapat berdampak buruk terhadap keluarganya.
Video
Tak hanya Han Seo Jin, hampir semua keluarga di Sky Castle sangat terobsesi dengan dunia pendidikan dan berusaha keras untuk merancang kehidupan terbaik bagi anak-anak mereka. Setiap orang tua berlomba untuk menyekolahkan anaknya di universitas elite hanya demi menjaga martabat keluarga besar. Masing-masing keluarga diceritakan memiliki latar belakang serta permasalahan yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Kemudian, selain menceritakan soal kompetisi di dunia pendidikan, drama ini juga menyampaikan perjuangan istri di keluarga elite Korea Selatan. Para istri ini harus berjuang keras untuk terus mendukung suami mereka mengembangkan karier ke arah yang lebih baik. Selain itu, mereka juga juga harus mampu menjadi ibu rumah tangga yang tetap bisa mengurus dan bertanggung jawab atas pendidikan anak-anaknya.
Video
Meski jalan ceritanya terdengar cukup serius, 'Sky Castle' dibawakan dengan gaya komedi yang membuat penontonnya tertawa. Adegan-adegan lucu dalam ceritanya ditampilkan dengan baik, sehingga terlihat sangat alami dan tak berlebihan.
Drama Korea ini diperankan oleh sejumlah nama yang sudah senior di industri peran Korea Selatan, seperti Yum Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah, Oh Na Ra, dan Kim Seo Hyung. Dengan kemampuan akting yang memukau, mereka mampu memerankan setiap karakter sehingga terasa begitu hidup dan nyata.
ADVERTISEMENT
Selain itu, 'Sky Castle' juga menghadirkan beberapa aktris dan aktor muda yang memerankan karakter anak dalam keluarga tersebut. Beberapa di antaranya yaitu Kim Hye Yoon, Lee Ji Won, Chani SF9, Park Yoo Na, Kim Dong Hee, dan Jo Byeong Gyu.
Video
Pepatah 'tak kenal maka tak sayang' sepertinya cocok menggambarkan drama ini. Sebab, pada awal masa penayangannya, 'Sky Castle' tidak terlalu begitu diminati. Hal ini mungkin saja disebabkan karena jajaran pemainnya yang dirasa kurang familiar dibandingkan artis-artis populer saat ini. Misal, jika dibandingkan dengan Hyun Bin, Song Hye Kyo, Park Bo Gum, juga Park Shin Hye yang membintangi 'Encounter' dan 'Memories of the Alhambra'.
Episode perdana 'Sky Castle' hanya mampu meraih rating nasional sebesar 1,7 persen. Tentu, ini sangat jauh jika dibandingkan drama-drama pesaingnya. Namun, berkat jalan ceritanya yang menarik serta menegangkan, drama ini terus mengalami kenaikan rating secara konstan.
ADVERTISEMENT
Video
Kini, 'Sky Castle' berhasil menembus angka 18,4 persen untuk rating penonton di Seoul dalam episode yang tayang pada Jumat (11/1). Untuk skala rating nasional, drama ini mampu meraih rating 16,3 persen, lebih tinggi 0,6 persen dari episode minggu lalu.
Ini merupakan angka tertinggi yang diperoleh selama penayangannya. Rating ini juga menjadikan 'Sky Castle' sebagai program dengan rating tertinggi sepanjang sejarah drama JTBC. Sebelumnya, prestasi ini diraih oleh drama 'Woman of Dignity' yang tayang pada 2017 dengan rating 12,1 persen.
Tertarik menonton drama Korea 'Sky Castle'?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan