Mom
·
25 September 2020 9:28

10 Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil (157227)
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Setiap ibu hamil perlu memastikan asupan yang dikonsumsinya mengandung gizi seimbang. Sebab, semua makanan yang Anda makan juga akan diserap nutrisinya oleh janin untuk tumbuh dan berkembang. Salah satunya adalah karbohidrat.
ADVERTISEMENT
Ya, bagi orang Indonesia, karbohidrat umumnya didapat dari nasi. Hanya saja, nasi putih yang biasanya kita makan, mengandung gula yang cukup tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak oleh ibu hamil yang mengidap diabetes. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggantinya dengan beras merah, Moms.
Dilansir Dr. Health Benefit, nasi merah diketahui memiliki nutrisi yang lebih baik dari nasi putih yakni mengandung serat, protein, vitamin E, vitamin K, thiamin, niacin, vitamin B6, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan kolin. Lantas, apa saja manfaatnya?
10 Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil (157228)
Ilustrasi beras merah. Foto: Freepik

10 Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil

1. Menurunkan Kolesterol Ibu Hamil

Meskipun nasi dikenal dengan karbohidratnya, beras merah dikenal mengandung lemak sehat yang mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Selain itu, beras merah juga bisa menurunkan LDL, yang menjadi sumber penyebab tekanan darah tinggi selama kehamilan.
ADVERTISEMENT

2. Meredakan Stres

Stres merupakan kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Kehamilan juga cenderung meningkatkan hormon yang mengganggu mood wanita. Di sisi lain, beras merah mengandung mineral yang mampu menstabilkan kesehatan mental dengan cara mengontrol sistem saraf, Moms.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan mineral yang ada di dalam beras merah sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, karena mengandung magnesium, niasin, mangan, fosfor, seng, dan selenium. Selain itu, beras ini juga bisa menambah energi ibu hamil dan mengatasi kelelahan.

4. Mencegah Insomnia

Akibat stres dan kelelahan, ibu hamil mungkin mengalami insomnia. Apalagi jika Anda sudah memasuki trimester ketiga kehamilan dan perut semakin membesar, Anda pun biasanya semakin sulit tidur. Nah, mengonsumsi beras merah bisa menjadi pilihan terbaik untuk mencegahnya, sebab kandungan melatonin di dalam beras merah bisa membuat ibu tidur lebih nyenyak karena menenangkan saraf pusat.
10 Manfaat Beras Merah untuk Ibu Hamil (157229)
Nasi merah Foto: Shutter Stock

5. Mengontrol Berat Badan Selama Kehamilan

Bertambahnya berat badan pada ibu hamil adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Namun Anda tetap harus mengontrolnya, Moms. Nah beras merah dapat menjadi asupan yang tepat untuk menyuplai kebutuhan nutrisi sekaligus mengurangi lemak yang tidak diinginkan.
ADVERTISEMENT

6. Baik untuk Sistem Saraf

Beras merah mengandung vitamin B yang baik untuk meningkatkan metabolisme di otak. Mineral seperti magnesium akan membuat saraf tetap bekerja dengan baik dalam mode rileks.

7. Mencegah Ambeien

Seperti yang kita ketahui, gangguan kesehatan yang paling sering dikeluhkan selama masa kehamilan adalah sembelit. Jika sembelit tidak segera ditangani, akan berubah menjadi ambeien, Moms. Nah, mengonsumsi nasi merah setiap hari bisa mencegah ambeien karena mengandung serat tinggi yang baik untuk usus Anda.

8. Mengurangi Pembengkakkan di Bagian Tubuh

Kaki bengkak juga merupakan gejala umum dalam kehamilan. Biasanya disebabkan oleh aktivitas ibu. Selain itu, asupan natrium yang berlebihan juga akan menyebabkan kaki bengkak. Untuk mengatasinya, beras merah memiliki kandungan kalium tinggi yang mampu menyeimbangkan kadar natrium.
ADVERTISEMENT

9. Mencerahkan Kulit

Beberapa jerawat mungkin akan muncul pada kulit wanita hamil, seperti kusam, bintik-bintik, dan bahkan jerawat. Seperti yang kita ketahui, nasi memiliki vitamin yang bermanfaat untuk kulit. Nah, selain bisa dikonsumsi, beras merah juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami lho, Moms. Cukup dengan menumbuk atau menggiling beras dan mencampurnya dengan air sampai berbentuk pasta. Setelah itu oleskan dan bilas dengan air hangat setelah mengering.

10. Mengurangi Mual

Di antara semua vitamin dalam beras merah mentah, vitamin B adalah kandungan yang dominan. Salah satu jenis vitamin B yaitu B6 sangat baik untuk ibu hamil. Vitamin B6 mampu meredakan muntah pada ibu hamil. Oleh karena itu, para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi nasi setiap 8 jam sekali untuk meredakan muntah yang hebat, Moms.
ADVERTISEMENT