kumparan
25 September 2019 8:32

13 Bau yang Bisa Bikin Ibu Hamil Tambah Mual

bau yang bikin mual.jpg
ilustrasi ibu hamil yang tidak tahan dengan aneka bau-bauan Foto: Shutterstock
Mual adalah gejala yang umum dirasakan oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama. Rasa mual pun bisa menyerang kapan saja, tidak hanya di pagi hari. Termasuk setiap kali ibu hamil mencium bau-bauan tertentu.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, beragam bau atau aroma memang dapat membuat ibu hamil merasa mual. Pasalnya bau atau aroma yang tercium sehari-hari dan biasanya tidak pernah mengusik sama sekali, saat hamil bisa berubah jadi sangat mengganggu. Bahkan ibu hamil bisa membenci bau yang tadinya ia sukai.
Ini semua karena pengaruh hormon yang membuat indra penciuman kita selama hamil jadi lebih peka. Demikian pekanya, sampai sebagian wanita hamil bahkan bisa merasa mual hanya karena membayangkan bau tertentu.
Hal ini diketahui melalui sebuah studi yang dilaporkan dalam Jurnal Internasional Obstetri dan Ginekologi. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa wanita hamil memiliki proses penciuman yang tidak berbeda dari wanita yang tidak hamil.
Tapi memang, bau apa yang membuat mual seorang ibu hamil bisa berbeda dengan ibu hamil lainnya. Ada juga, ibu hamil yang mual mencium beberapa jenis bau atau aroma sekaligus. Namun, memang ada beberapa bau atau aroma yang paling umum membuat ibu hamil mual. Apa saja, ya?
Meniriskan ayam goreng tepung
ilustrasi ayam goreng Foto: Shutter Stock
  1. Ayam
ADVERTISEMENT
Bau ayam goreng dari tenda Pecel Ayam di depan kantor kerap menggoda Anda? Setelah hamil, mungkin tidak lagi, Moms. Karena tidak tahan dengan baunya, banyak juga wanita yang tidak makan ayam selama hamil 9 bulan!
  1. Daging
Bau daging, baik mentah maupun matang juga termasuk bau yang umumnya membuat ibu hamil mual. Tapi ada juga ibu hamil yang hanya tidak tahan dengan bau daging yang diolah dengan cara tertentu saja. Misalnya tidak tahan dengan bau daging bakar seperti sate, tapi bisa menerima bau daging yang dimasak jadi semur atau rendang. Sekali lagi, kasusnya pada setiap orang bisa berbeda-beda.
ibu hamil tak tahan bau
ibu hamil tak tahan bau Foto: Shutterstock
  1. Bumbu dan Rempah
Selain ayam dan daging, beraneka jenis bumbu juga yang beraroma kuat bisa membuat ibu hamil mual. Bisa saja ada satu ibu yang mual setiap mencium bau bawang, sementara ibu lain mual setiap kali mencium bau kencur.
ADVERTISEMENT
  1. Pasar Basah
Di mana ayam, daging, bumbu dan rempah bersatu? Tentu saja di pasar basah! Tidak heran kalau bau pasar juga bisa membuat ibu mual. Hal yang sama mungkin dialami ibu hamil saat masuk ke area produk segar di supermarket modern.
Menu Ramadhan Wyndham Casablanca
ilustrasi aneka gorengan Foto: Istimewa
  1. Gorengan
Siapa yang tidak suka nyemil gorengan? Namun saat hamil, baunya mungkin membuat kita mual lho, Moms! Ini termasuk bau gorengan yang melekat di pakaian orang. Misalnya saat rekan kerja Anda baru kembali ke kantor setelah makan siang di luar.
  1. Telur
Telur mata sapi atau telur dadar, dimakan dengan nasi hangat, sambal atau kecap plus kerupuk. Aduh, enaknya! Tapi saat hamil, mungkin kita jadi membenci baunya. Bagaimana dengan bau telur rebus? Bisa saja, Moms. Sekali lagi, setiap ibu hamil bisa mual karena sumber bau yang berbeda-beda.
ibu hamil hendak masuk ke dalam mobil
ibu hamil hendak masuk ke dalam mobil Foto: Shutterstock
  1. Mobil
ADVERTISEMENT
Berbagai jenis kendaraan umumnya punya bau khas tertentu. Bau mobil misalnya. Bila Anda mengalaminya, coba siasati dengan memilih moda transportasi lain seperti kereta atau MRT.
  1. Lembab dan debu
Kondisi lembab dan atau berdebu pada perabotan maupun dinding ruangan juga dapat menghasilkan bau tertentu. Itu lho Moms, seperti bau apek atau bau jamur! Keduanya termasuk bau yang diketahui banyak membaut ibu hamil merasa mual juga.
Beberapa ibu mungkin akan mengatakan dia tidak tahan dengan bau gudang, kamar mandi atau satu ruang spesifik di rumah. Biasanya, itu berarti dia tidak tahan dengan bau lembab atau debu di sana.
ilustrasi hand sanitizer.jpg
ilustrasi bau hand sanitizer yang membuat ibu hamil merasa mual Foto: Shutterstock
  1. Hand Sanitizer
Menjaga tangannya bebas dari kuman saat bepergian merupakan tantangan bagi ibu hamil yang tidak tahan dengan bau hand sanitizer. Ini memang termasuk salah satu bau yang lazim membuat ibu hamil mual.
ADVERTISEMENT
  1. Mecin
Bau mecin atau penyedap rasa yang gurih umumnya membuat orang berselera. Kecuali saat sedang hamil. Karenanya beberapa ibu hamil juga mengeluh mual setiap mencium bau mi instan, snack kentang atau makanan lain yang penuh mecin.
Kucing
Ilustrasi hewan peliharaan kucing Foto: Pixabay
  1. Hewan peliharaan
Bau kucing, anjing, ayam, burung, dan aneka jenis hewan peliharaan lainnya bisa membuat beberapa ibu hamil mual. Ini berlaku meski hewan tersebut merupakan kesayangannya.
  1. Suami
Mengutip Daily News, selama hamil penyanyi Beyoncè pernah mengeluhkan mual dengan bau tubuh suaminya -Jay Z's! Hihihi... Bukannya tidak sayang, tapi ini memang betul-betul bisa terjadi.
Nah Moms, bagaimana dengan Anda? Dari berbagai bau yang bisa membuat ibu hamil merasa mual tersebut di atas, adakah yang juga Anda alami? Atau justru bau lainnya?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan