kumparan
16 Juli 2019 18:31

3 Alasan Bayi Perlu Dibantu Bersendawa

ibu dan bayi Foto: Shutterstock
Setiap kali selesai menyusui, jangan lupa bantu bayi bersendawa ya, Moms! Begitu juga bila Anda habis memberinya susu formula. Pasalnya, sendawa pada bayi setelah menyusu atau minum susu formula sangat penting.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, kita perlu memahami bahwa ketika si kecil minum ASI perah atau susu formula dari botol, gelembung udara bisa saja turut masuk hingga terkumpul di lambungnya. Jika tidak dikeluarkan dengan cara bersendawa, udara yang tertahan di lambungnya ini malah dapat menimbulkan kembung pada bayi.
Bila hal ini terjadi, tentu saja bayi bisa merasa tidak nyaman lantas rewel. Jam istirahatnya pun bisa jadi terganggu karenanya.
Ingin tahu lebih jelas kenapa bayi perlu dibantu bersendawa setelah menyusu atau minum susu formula? Simak rangkuman kumparanMOM berikut ini:
ilustrasi ibu usia menyendawakan bayi Foto: Shutterstock
  1. Membantu Membuang Gas
Membantu bayi bersendawa, artinya membantu bayi membuang gas yang terkumpul di lambungnya. Kalau gas sudah keluar, bayi pun terhindar dari masalah perut kembung. Sebaliknya bila si kecil merasa perutnya tak nyaman lantas menangis menangis keras, kembungnya justru bisa makin parah.
ADVERTISEMENT
Jangan anggap sepele masalah perut kembung pada bayi lho, Moms! Pada beberapa kasus, kembung pada bayi menimbulkan masalah yang serius bahkan sampai perlu dibedah jika terjadi penyumbatan saluran anus baik total maupun sebagian.
Mengutip laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Muzal Kadim, Sp.A(K) dari menjelaskan, kembung pada bayi juga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan lain seperti muntah, diare, sakit perut, hingga konstipasi.
Ilustrasi bayi menangis karena merasa lambungnya tak nyaman Foto: Shutterstock
  1. Mengurangi Tekanan Saluran Cerna
Bukan saja lambung, tapi saluran cerna bayi pun dapat lebih lega setelah bayi dibantu bersendawa. Hasilnya, sistem pencernaan bayi pun jadi lebih lancar dan sehat.
  1. Membuat Bayi Tenang
Setelah lambung dan saluran cernanya tak lagi terbebani atau tertekan, bayi tentu bisa kembali tenang. Bayi yang tenang akan beraktivitas lebih baik juga akan tidur lebih nyenyak. Semua ini tentu berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Jadi sekali lagi, jangan lupa bantu bayi bersendawa setiap kali ia selesai disusui atau minum susu formula ya, Moms!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan