kumparan
Mom19 April 2018 8:56

5 Aspek Penting Tumbuh Kembang Anak

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi mengukur tinggi badan anak.
Ilustrasi mengukur tinggi badan anak. (Foto: Thinkstock)
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal. Mulai dari fisiknya yang sehat, berkarakter baik, hingga keterampilan hidup yang cukup.
ADVERTISEMENT
Singkatnya, kualitas hidup anak yang baik, bisa menciptakan masa depan yang gemilang. Tentu, Anda mendambakannya bukan?
"Orang tua harus menggali aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar ia dapat memiliki tumbuh kembang optimal," ujar Anna Surti Ariani, Psikolog Anak dan Keluarga, kepada kumparanMOM (kumparan.com) di acara SGM Eksplor di Kaffeine Cafe, Jakarta Selatan pada Rabu (18/4).
com-Anak Sukses
com-Anak Sukses (Foto: Thinkstock)
Lebih lanjut, Anna menyebutkan 5 aspek penting yang mesti dipenuhi orang tua agar anaknya bisa tumbuh dan berkembang optimal, sebagai berikut:
1. Fisik
Anak sehat
Anak sehat (Foto: Pixabay)
Aspek yang paling terlihat dan penting untuk Anda perhatikan adalah kesehatan serta kebugaran fisiknya, Moms. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi seimbang, aktivitas gerak yang cukup, serta berat badan ideal.
ADVERTISEMENT
2. Kognitif
Kemampuan berpikir dan bernalar juga harus Anda kembangkan pada anak. Bukan saja memberikan pendidikan formal yang baik kelak, namun juga perlu pembiasaan melatih kognitif anak sejak dini. Misalnya dengan mengajak anak bermain puzzle.
3. Bahasa
Ibu dan anak bermain media sosial
Ibu dan anak bermain media sosial. (Foto: Thinkstock)
Agar bisa berkomunikasi, menyampaikan kemauan serta alatnya berekspresi, maka aspek bahasa tidak bisa Anda kesampingkan. Bahasa membantu anak bisa mengembangkan perspektif hingga mengeksplor dunianya lebih luas.
4. Emosi
Kemampuan mengolah rasa serta manajemen emosi perlu bagi anak. Suatu saat, si kecil akan tumbuh dewasa dan bekal hidup untuk menghadapi dunia salah satunya adalah bisa mengelola emosi dengan baik.
5. Sosial
Ilustrasi anak bersahabat
Ilustrasi anak bersahabat (Foto: Thinkstock)
Anak perlu mengenal lingkungannya, orang-orang di sekitarnya, hingga mengetahui pentingnya hidup berdampingan. Maka, aspek sosial juga perlu Anda perhatikan, agar anak bisa tumbuh dan bersosialisasi dengan baik.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan