Mom30 April 2018 10:44

5 Aturan Makan di Luar saat Hamil

Konten Redaksi kumparan
5 Aturan Makan di Luar saat Hamil  (67727)
Makan malam bersama. (Foto: Thinkstock)
Makan siang di tengah jam kerja kantor, undangan dinner kerabat, atau sekadar ‘nongkrong cantik’ bersama sahabat memang sering kali jadi agenda makan di luar yang sayang untuk Anda lewatkan.
ADVERTISEMENT
Eits tapi, jangan sembarangan lho Moms. Anda perlu waspada dan memahami aturan makan di luar, karena saat ini Anda sedang berbadan dua. Asupan makanan penting untuk selalu diperhatikan demi mewujudkan kehamilan yang sehat.
Lalu, apa saja yang harus jadi perhatian? kumparanMOM (kumparan.com) merangkum aturan yang perlu Anda perhatikan ketika makan di luar, seperti berikut ini:
Pilihan Menu
5 Aturan Makan di Luar saat Hamil  (67728)
Ilustrasi menu makan sehat (Foto: Thinkstock)
Tentu ini yang paling penting, pilihlah tempat makan yang menyediakan menu bergizi saat hamil. Seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.
Kebersihan
Selain menu, perhatikan pula kebersihannya. Jika sumber air hingga wadah yang digunakan pada tempat makan itu kurang bersih, lebih baik mencari restoran lain, Moms.
Kurangi fast food
5 Aturan Makan di Luar saat Hamil  (67729)
com-Makanan Sehat vs Fast Food (Foto: Thinkstock)
Pilihan praktis acara makan-makan di luar biasanya adalah makanan siap saji atau fast food. Jenis makanan tersebut mengandung tinggi lemak, kalori, dan garam. Kurang-kurangi ya Moms. karena jika tidak dikontrol asupannya dapat mengganggu kesehatan saat hamil.
ADVERTISEMENT
Jangan tertipu dengan yang seolah sehat
Ya, Anda jangan tertipu dengan penampilan makanan yang tampak sehat ternyata kurang baik bagi kesehatan. Misalnya, ketika Anda membeli milkshake tapi ternyata bahan bakunya bukan dari susu uht, melainkan susu tinggi gula, atau aneka olahan sayur, tapi dimasaknya terlalu berminyak, dan lainnya.
Pandai-pandailah memilih bahan makanan dan cara pengolahan yang sehat ya, Moms.
Terlalu lama terbuka
5 Aturan Makan di Luar saat Hamil  (67730)
Makanan Hongkong (Foto: Thinkstock)
Sebisa mungkin, upayakan agar tidak mengonsumsi makanan yang terlalu lama terbuka. Di samping itu, perhatikan pula tempat makan Anda, apakah berada di ruang terbuka yang berpotensi terkontaminasi bakteri atau tidak.
Saat hamil, sistem pencernaan Anda cenderung lebih sensitif. Kondisi di atas dapat memicu timbulnya penyakit yang memperburuk masalah pencernaan Anda.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white