Mom
·
5 Juli 2020 8:01

5 Jenis Ikan Sehat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Jenis Ikan  Sehat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga (551821)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan segar Foto: Shutterstock
Menjaga pola makan seimbang merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga, khususnya di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini. Tidak mau kan, sudah disiplin jalankan aksi #dirumahaja tapi orang-orang tersayang atau diri sendiri malah jatuh sakit gara-gara makanan yang tidak sehat?
ADVERTISEMENT
Salah satu makanan sehat yang bisa jadi andalan kita adalah ikan. Ya Moms, jangan sampai lupa lho, memasukkan ikan dalam berbagai menu yang dinikmati keluarga sehari-hari.
Tidak perlu memikirkan salmon atau tuna yang relatif mahal dan sulit didapatkan. Ada kok, pilihan-pilihan ikan lain yang mudah didapat dan juga masuk dalam deretan ikan paling sehat. Kelima jenis ikan pilihan kumparanMOM ini misalnya:

1.Patin

5 Jenis Ikan  Sehat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga (551822)
searchPerbesar
Ikan Patin Lokal Foto: Shutter Stock
Ikan patin lokal adalah salah satu jenis ikan yang kerap direkomendasikan oleh Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia.
Ikan patin lokal dan ikan dori memang sangat mirip dari tekstur maupun rasa. Ikan patin mengandung protein(68,6%) dan lemak (5,8%). Pada bagian perut ikan tawar ini juga kaya omega-3.
ADVERTISEMENT

2.Lele

Selain mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau, ikan lele punya banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut laman Fat Secret Indonesia, lele mengandung 204 kkal kalori, 7,26 gram karbohidrat, 14,93 gram protein, dan 12,35 gram lemak jenuh dan tak jenuh. Sementara itu, dikutip dari Livestrong, Omega-3 yang terkandung dalam ikan lele juga cukup besar, yakni 0,22-0,3 gram.
Apa lagi? Protein pada ikan lele bagus untuk pembentukan sel imun dan perkembangan sel-sel otak anak. Kandungan vitamin B12 pada lele juga bagus untuk pembentukan sel darah merah bagi anak.

3.Teri

5 Jenis Ikan  Sehat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga (551823)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan teri Foto: Shutterstock
Meski berukuran kecil, ikan yang satu ini memang kaya manfaat. Selain mengandung lemak omega-3 yang penting bagi kesehatan jantung hingga otak, ikan teri juga bermanfaat untuk tulang dan gigi.
ADVERTISEMENT
Ikan teri juga mudah diolah jadi berbagai masakan favorit keluarga, termasuk untuk MPASI bayi. Namun, perlu diingat, jangan berikan si kecil ikan teri yang sudah diasinkan atau teri goreng pada menu MPASI-nya, Moms. Pasalnya, ikan teri segar yang rendah lemak jenuh bisa berubah menjadi tidak baik untuk tubuh si kecil.

4.Kembung

5 Jenis Ikan  Sehat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga (551824)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan kembung. Foto: Shutterstock
Menurut dokter sekaligus ahli gizi, dr. Tan Shot Yen, ikan kembung mengandung protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, D, E fosfor, vitamin C dan omega-3 yang baik untuk tubuh.
Bahkan, kandungan omega-3 ikan kembung lebih tinggi daripada ikan salmon! Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda atau asam lemak esensial. Zat ini berguna sebagai sumber yang sangat baik untuk membantu perkembangan sel serta perkembangan fungsi otak dan saraf.
ADVERTISEMENT
"Setiap 100 gram ikan kembung mengandung 2,2 mg omega-3. Sedangkan, setiap 100 gram ikan salmon hanya mengandung 1,6 mg omega-3", ujar dr Tan kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
5.Tongkol
Tahukah Anda, Ikan tongkol masih berkerabat dengan ikan kembung. Itulah kenapa, gizi yang dapat diperoleh dari ikan yang satu ini juga mirip dengan ikan kembung, Termasuk soal kandungan omega-3 yang cukup tinggi.
Selain omega-3, ikan tongkol diketahui mengandung banyak vitamin D dan kalsium. Tongkol juga banyak mengandung protein, vitamin A dan vitamin B12. Bersama dengan protein, kedua vitamin tersebut dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit dan infeksi.
Nah Moms, ikan mana yang jadi favorit Anda untuk memenuhi gizi dan menjaga daya tahan keluarga tercinta?
ADVERTISEMENT