Mom
·
9 Juni 2021 8:07
·
waktu baca 2 menit

5 Jenis Rempah-rempah yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Jenis Rempah-rempah yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil (41383)
Rempah-rempah untuk ibu hamil. Foto: Dok.Shutterstock
Menjaga pola makan dengan baik merupakan sebuah keharusan bagi ibu hamil. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan mendukung perkembangan janin.
ADVERTISEMENT
Salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil adalah rempah-rempah. Selain dikenal sebagai bumbu dapur, rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat baik untuk ibu hamil. Ya Moms, rempah-rempah dikenal dapat mengatasi berbagai masalah selama kehamilan.
Meski begitu, tidak semua jenis rempah-rempah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, beberapa rempah-rempah dinilai dapat menyebabkan kontraksi hingga berisiko menyebabkan keguguran. Menurut MomJunction, berikut ini adalah 5 jenis rempah yang aman dikonsumsi selama kehamilan.

5 Jenis Rempah-rempah yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Kunyit
5 Jenis Rempah-rempah yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil (41384)
Kunyit Foto: Shutter Stock
Kunyit merupakan rempah-rempah yang mengandung zat bernama cur-cumin. Zat ini dapat melakukan detoksifikasi alami dan mampu melindungi hati dari kerusakan alkohol, bahan kimia dan beberapa jenis obat-obatan. Ini juga membantu dalam mengurangi stres oksidatif yang mungkin menyerang selama kehamilan.
ADVERTISEMENT
2. Jahe
5 Jenis Rempah-rempah yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil (41385)
Jahe Foto: Shutterstock
Jahe merupakan obat rumahan yang efektif untuk mengobati mual di pagi hari dan muntah selama kehamilan. Ibu hamil yang menderita mual di pagi hari dapat mengonsumsi potongan jahe atau air jahe setiap harinya dalam jumlah yang wajar. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa jahe dapat mengobati morning sickness.
3. Lada hitam
5 Jenis Rempah-rempah yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil (41386)
Lada hitam. Foto Pixabay.
Lada hitam merupakan rempah kaya akan kromium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kadar kromium yang rendah dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol, yang dapat menyebabkan diabetes atau penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet kromium secara teratur akan mengurangi risiko terkena diabetes selama kehamilan.
4. Kapulaga
5 Jenis Rempah-rempah yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil (41387)
Ilustrasi kapulaga Foto: Pixabay
Kapulaga termasuk rempah yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Kapulaga dipercaya dapat membantu mengatasi mual pada trimester pertama kehamilan. Selain itu, kapulaga juga dapat mengatasi mulas, batuk dan berbagai penyakit infeksi yang mungkin menyerang ibu hamil.
ADVERTISEMENT
5. Kayu Manis
5 Jenis Rempah-rempah yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil (41388)
Kayu manis Foto: Shutter Stock
Kayu manis adalah rempah yang terbuat dari irisan kulit kayu pohon Cinnamomum. Dengan baunya yang khas, kayu manis kerap digunakan sebagai penambah aroma dan rasa pada makanan atau minuman, Moms.
Untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya komplikasi, ibu hamil bisa mencoba konsumsi kayu manis. Sebab, rempah ini memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah.
Penulis: Hutri Dirga Harmonis