Mom
·
7 Juni 2021 9:08
·
waktu baca 2 menit

5 Makanan Sehat dan Kaya Kalsium untuk Ibu Hamil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Makanan Sehat dan Kaya Kalsium untuk Ibu Hamil (128528)
searchPerbesar
5 Makanan Sehat dan Kaya Kalsium untuk Ibu Hamil. Foto: Shutterstock
Kalsium merupakan salah satu mineral yang diperlukan ibu hamil. Pasalnya selama masa kehamilan, kalsium berperan untuk mendukung sistem muskuloskeletal (berkaitan dengan otot, tulang dan sendi), saraf, dan peredaran darah. Tak hanya untuk ibu, kalsium juga sangat bermanfaat untuk perkembangan bayi di dalam kandungan Anda.
ADVERTISEMENT
Very Well Family melansir, janin membutuhkan kalsium untuk membentuk tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga merupakan nutrisi penting untuk jantung, otot, saraf, dan hormon si kecil.
Itu lah kenapa, ibu hamil sebaiknya mendapat asupan kalsium yang cukup setiap hari. Pada laman resmi American Pregnancy Association dijelaskan, umumnya ibu hamil dan menyusui membutuhkan 1300 mg kalsium per hari.
Lantas, dari mana kebutuhan tersebut dapat terpenuhi? Tenang saja, Moms. Ada banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya kalsium. Ini 5 di antaranya:

Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

5 Makanan Sehat dan Kaya Kalsium untuk Ibu Hamil (128529)
searchPerbesar
Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil. Foto: Shutterstock
1. Sayuran Hijau
Berbagai sayuran hijau kaya akan kalsium. Misalnya brokoli, sawi, selada, pakcoy dan kangkung. Tidak hanya kalsium, ragam sayuran hijau juga dapat memberikan ibu asupan vitamin yang juga diperlukan selama masa kehamilan.
ADVERTISEMENT
2. Ikan
Selain mengandung protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3, ikan juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk ibu dan janin di dalam kandungan. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat merekomendasikan agar ibu hamil setidaknya makan sekitar 8-12 ons ikan dalam seminggu.
Namun ingat, tak semua jenis ikan baik dikonsumsi saat hamil. Ya Moms, ada beberapa jenis ikan yang perlu Anda hindari karena mengandung merkuri tinggi dan dapat membahayakan janin.
3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
5 Makanan Sehat dan Kaya Kalsium untuk Ibu Hamil (128530)
searchPerbesar
Kacang-kacangan merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Foto: Shutterstock
Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond, mede, biji wijen, hingga kacang polong juga mengandung kalsium yang baik dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Tak hanya itu kacang juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda, antioksidan, dan protein yang dapat menunjang perkembangan bayi.
ADVERTISEMENT
4. Oatmeal
Asupan kalsium lainnya juga dapat diperoleh dari oatmeal. Selain kalsium, oatmeal juga mengandung riboflavin, karbohidrat, asam folat, hingga potasium yang baik untuk ibu dan janin. Jadi jangan ragu menikmati oatmeal selama hamil.
5. Susu
5 Makanan Sehat dan Kaya Kalsium untuk Ibu Hamil (128531)
searchPerbesar
Tak hanya kalsium, susu dapat memberi ibu hamil asupan protein. Foto: Shutterstock
Selain jadi sumber protein, susu juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik, populer dan mudah ditemukan. Minum segelas susu di pagi hari bisa meningkatkan energi ibu hamil.
Tak harus susu cair atau bubuk kok, Moms. Berbagai produk olahan susu atau turunannya, seperti yogurt dan keju juga mengandung kalsium yang baik dikonsumsi saat hamil.