kumparan
3 Mei 2019 17:19

Lebih Baik Mana, Minum Susu 'Biasa' atau Susu Khusus Ibu Hamil?

Susu ibu hamil
Ilustrasi susu untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Semua ibu hamil pasti ingin bayi di dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang cukup. Demi memastikan janin selalu sehat, ibu hamil mungkin rela berhenti mengkonsumsi makanan favorit yang sebenarnya kurang sehat, seperti mie instan, gorengan, hingga kopi.
ADVERTISEMENT
Banyak pula ibu hamil yang memutuskan rutin minum susu sebagai salah satu sumber nutrisi. Ada yang minum susu khusus ibu hamil, ada yang minum susu 'biasa'. Mana yang lebih baik ya, Moms?
Susu ibu hamil dan susu lainnya sama-sama baik. Hal itu dipaparkan oleh dr N.B. Donny A.M., Sp.OG, dokter spesialis kandungan di RS Hermina Kemayoran, Jakarta.
“Keduanya mengandung mikronutrien dan makronutrien yang bermanfaat untuk ibu hamil,” papar dr Donny saat ditemui kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Makronutrien dalam susu yang dimaksud adalah protein dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral, termasuk kalsium, fosfor, dan zat besi yang kaya dalam susu.
Meski kandungannya hampir sama dengan susu 'biasa', ada beberapa substansi yang porsinya ditambah pada susu ibu hamil. Sebab kandungannya menyesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil sehari-hari. Seperti misalnya zat besi dan DHA yang penting untuk kesehatan janin.
Ibu hamil makan buah
Ibu hamil perlu makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock
“Ibu hamil sangat membutuhkan zat besi, nah kandungannya pada susu ibu hamil lebih tinggi daripada susu lain. Lalu ada kandungan DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan saraf janin,” tambah dr Donny.
ADVERTISEMENT
Namun dr Donny mengingatkan bahwa susu sifatnya melengkapi nutrisi, bukan sumber utama. Ibu hamil tetap perlu sayuran, buah-buahan, daging, dan makanan sehat lainnya. Apa yang sudah dimakan, nutrisinya akan disempurnakan oleh susu.
Jadi Moms, minum susu ibu hamil atau susu 'biasa' saat mengandung tergantung pilihan Anda. Keduanya mengandung nutrisi yang Anda butuhkan. Jadi pilih saja yang manapun selama memang Anda sukai rasanya. Jadi Anda pun, tak malas mengonsumsinya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan