Mom
·
11 Januari 2021 8:05

5 Kemampuan yang Sudah Dipelajari Bayi di Dalam Kandungan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kemampuan yang Sudah Dipelajari Bayi di Dalam Kandungan  (8376)
Bayi di dalam kandungan belajar banyak hal Foto: Shutterstock
Selain bagian tubuhnya yang berkembang, ternyata bayi di dalam kandungan juga mempelajari berbagai hal. Ya Moms, hal-hal yang dipelajari janin di dalam perut ini menjadi kemampuan dasar yang mempersiapkan dirinya saat telah dilahirkan.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa saja yang bayi pelajari selama kurang lebih 9 bulan dalam kandungan? kumparanMOM merangkum 5 di antaranya berikut ini:

1.Bayi di dalam Kandungan Belajar Mengisap Jari

5 Kemampuan yang Sudah Dipelajari Bayi di Dalam Kandungan  (8377)
Ilustrasi bayi di dalam kandungan mengisap jempol Foto: Shutter Stock
Pada usia 16 minggu, umumnya bayi dalam kandungan sudah memiliki kebiasaan menghisap ibu jarinya. Stop Thumb Sucking melansir, janin sangat wajar menghisap ibu jarinya karena merupakan respons fisiologis terhadap rangsangan.
Keterampilan ini juga akan merupakan bagian dari persiapannya untuk menyusu saat kelak dilahirkan. Pintar, ya!

2.Bayi di dalam Kandungan Belajar Menelan

Tak hanya mengisap, sebagai persiapan untuk menyusu bayi di dalam kandungan juga mulai mengasah keterampilan menelan. Biasanya keterampilan ini mulai dipelajari saat janin berusia usia 17 minggu.
Lalu ketika berusia 26 minggu, janin mulai bekerja keras menelan cairan ketuban untuk perkembangan paru-paru.
ADVERTISEMENT

3.Bayi di dalam Kandungan Belajar Tersenyum

5 Kemampuan yang Sudah Dipelajari Bayi di Dalam Kandungan  (8378)
Bayi di dalam kandungan sudah belajar tersenyum Foto: Shutterstock
Melansir What to Expect, bayi dalam kandungan pada usia 14 minggu sudah dapat menggunakan otot wajahnya sehingga terlihat seperti meringis dan tersenyum. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Professor Stuart Campbell, Spesialis Obstetri juga mengatakan bahwa bayi sudah mulai tersenyum pada usia kehamilan 26 minggu.

4.Bayi di dalam Kandungan Belajar Meraih

Pada usia 22 minggu, tangan beserta jari-jari kecil bayi di dalam kandungan sudah bisa bergerak dan janin mulai belajar meraih benda-benda di sekitarnya seperti hidung hingga telinga.
Cengkeraman si kecil juga sudah cukup kuat, dan karena tidak ada lagi yang bisa digenggam di dalam rahim, terkadang janin memegang tali pusar!

5.Bayi di dalam Kandungan Belajar Menjulurkan Lidah

Ketika menginjak usia 28 minggu, bayi di dalam kandungan umumnya mulai sering menjulurkan lidahnya. Tidak ada yang tahu pasti mengapa janin melakukannya, tetapi mungkin saja si kecil sedang mencicipi cairan ketuban. Gemas!
ADVERTISEMENT