Mom
·
16 November 2020 8:14

5 Makanan yang Bisa Percepat Kontraksi Persalinan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Makanan yang Bisa Percepat Kontraksi Persalinan (115553)
Ilustrasi ibu hamil kontraksi menjelang persalinan Foto: Thinkstock
Umumnya, persalinan terjadi saat usia kehamilan sekitar 38-40 minggu. Namun, ada beberapa ibu hamil yang melahirkan saat usia kandungannya lebih dari itu. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang sudah melampaui Hari Perkiraan Lahir (HPL) yang dihitung oleh dokter, namun tanda-tanda ingin bersalin, seperti kontraksi tak kunjung datang.
ADVERTISEMENT
Kalau mengalami hal ini, apa yang dapat dilakukan?
Moms, sebelumnya Anda tak perlu panik ataupun cemas berlebih. Sebab, ada beberapa cara alami yang dianggap dapat mempercepat proses persalinan. Salah satunya ialah makanan.
Meski belum ada penelitian yang membahas terkait hal ini, tapi tak ada salahnya untuk Anda coba. Dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang dipercaya dapat percepat persalinan yang telah kumparanMOM rangkum.
5 Makanan yang Bisa Percepat Kontraksi Persalinan (115554)
Ilustrasi ibu hamil makan. Foto: Thinkstock

Makanan yang Dipercaya Dapat Percepat Persalinan

1. Nanas

5 Makanan yang Bisa Percepat Kontraksi Persalinan (115555)
Ilustrasi nanas Foto: Dok.Shutterstock
Ibu hamil tidak boleh makan nanas? Selama tidak berlebihan boleh kok, Moms. Kita perlu tahu, nanas mengandung bromelain --enzim aktif yang dikenal karena kemampuannya untuk melembutkan serviks sehingga merangsang kontraksi dan menstimulasi otot polos rahim yang dikenal untuk menginduksi persalinan.
ADVERTISEMENT
Tapi pilihlah nanas segar ya, Moms. Bukan yang kalengan. Karena nanas dalam kemasan biasanya cenderung memiliki kandungan bromelain yang kurang. Namun perlu diingat pula, jangan konsumsi secara berlebihan juga karena bisa menyebabkan diare.

2. Pepaya Hijau

5 Makanan yang Bisa Percepat Kontraksi Persalinan (115556)
Ilustrasi pepaya Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Pepaya hijau mentah kaya akan enzim yang disebut papain dan dapat memicu kontraksi rahim. Selain itu, daun pepaya mengandung lateks yang bertindak sebagai prostaglandin dan oksitosin yang juga dapat merangsang kontraksi. Perlu diingat, semakin matang pepaya maka semakin banyak papain yang hilang. Itulah sebabnya, mengkonsumsi pepaya yang matang dianggap tak akan memberikan pengaruh apa pun untuk mendorong persalinan.

3.Bawang Putih

5 Makanan yang Bisa Percepat Kontraksi Persalinan (115557)
Ilustrasi bawang putih Foto: Shutter Stock
Konsumsi bawang putih dipercaya dapat merangsang usus dan membantu mengosongkannya yang dapat membantu memicu persalinan. Bawang putih pun menjadi salah satu makanan yang paling populer untuk menginduksi persalinan.
ADVERTISEMENT

4.Minyak Daun Jarak

Beberapa orang percaya bahwa minyak jarak efektif dapat percepat proses persalinan, Moms. Bahkan, banyak ibu hamil telah menggunakan minyak jarak untuk menginduksi persalinan selama berabad-abad. Kendati konsumsi minyak jarak dapat dikatakan aman, pada beberapa ibu konsumsi minyak jarak dapat menimbulkan mual, muntah, hingga diare. Yang juga harus diingat, jangan menggunakan minyak jarak ini untuk menginduksi persalinan sebelum HPL Anda tiba, ya!

5.Teh Jintan

5 Makanan yang Bisa Percepat Kontraksi Persalinan (115558)
Ilustrasi Jintan Foto: Shutterstock/Michelle Lee Photography
Jintan biasanya dikenal untuk mengatasi perut kembung dan masalah pencernaan lainnya. Tapi, mengkonsumsi teh jintan rupanya juga diyakini dapat merangsang kontraksi rahim. Campurkan satu sendok makan jintan dengan air hangat, gula atau madu agar rasanya lebih enak --bila Anda menyukainya.