5 Manfaat Penting Jaga Massa dan Kekuatan Otot Anak untuk Tumbuh Kembangnya

29 Mei 2024 13:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak olahraga dengan orang tua. Foto: Chayantorn Tongmorn/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak olahraga dengan orang tua. Foto: Chayantorn Tongmorn/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Otot merupakan bagian penting untuk menopang tubuh manusia. Untuk menjaga kekuatan otot, seseorang butuh mengonsumsi makanan tinggi protein dan berolahraga. Kebiasaan pola hidup sehat ini idealnya dilakukan sejak dini.
ADVERTISEMENT
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Andhika Raspati, SpKO, menyebut pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan dengan protein dan rutin beraktivitas fisik merupakan hal penting.
Kebiasaan ini harus dilakukan sedini mungkin, sebab masa anak-anak saat usia sekolah adalah masa di mana perkembangan fisik, sosial dan mental sedang pesat. Hal itu Dokter Andhika sampaikan dalam acara perayaan Ulang Tahun Hilo ke-20, Selasa (28/5).
"Karena perannya yang sangat penting dalam masa pertumbuhan, termasuk untuk pembentukan tulang yang sehat dan kuat hingga fungsi kognitif, asupan protein haruslah dipenuhi dengan baik sebagai bagian dari pola makan sehat di masa kanak-kanak,” kata Dokter Andhika.
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Andhika Raspati, SpKO dalam acara ulang tahun Hilo ke-20, Selasa (28/5). Foto: Eka Nurjanah/kumparan
Menurutnya, ketika protein anak tercukupi, maka pertumbuhan akan optimal. Hal ini berhubungan dengan kemampuan anak membangun hubungan positif dengan teman dan keluarga.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu anak akan lebih mudah mengeksplorasi sekitarnya untuk mencari identitas diri, serta mengalami berbagai pengalaman dan interaksi positif dengan lingkungan.

Kenapa Penting Menjaga Massa dan Kekuatan Otot?

Dokter Andhika memaparkan beberapa alasannya.
1. Bisa menjaga metabolisme dalam tubuh termasuk pembakaran lemak.
2. Massa otot yang baik akan menjaga tubuh dari obesitas dan penumpukan lemak.
3. Membantu aktivitas sehari-hari berjalan lancar dan baik.
4. Menjaga kestabilan sendi dan kekuatan tulang.
5. Mencegah jatuh dan untuk estetika.
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Andhika Raspati, SpKO dalam acara ulang tahun Hilo ke-20, Selasa (28/5). Foto: Eka Nurjanah/kumparan

Bagaimana Menjaga Massa Otot Tubuh Anak?

Ada beberapa hal yang Anda bisa lakukan agar si kecil memiliki massa otot yang ideal, yakni:
-Latihan fisik
-Kecukupan nutrisi
-Kecukupan istirahat
-Kesehatan mental
Ilustrasi anak bermain. Foto: SweetLeMontea/Shutterstock
Di sisi lain, massa otot yang baik dapat membantu seseorang berumur lebih panjang. Hal itu terjadi karena massa otot dapat menjadi indikator kesehatan sistem neuromuskular atau jaringan neuromuskular yang sehat dan fungsional.
ADVERTISEMENT
"Manusia membutuhkan otot untuk menjaga postur tubuh, mendukung pergerakan anggota tubuh, menjaga agar tubuh tetap kuat, serta berperan penting dalam mendukung aktivitas sehari-hari baik di masa kanak-kanak, remaja, dewasa, maupun usia lanjut, " ujar Dokter Andhika.
Selain itu, Dokter Andhika juga menjelaskan pentingnya mengajak anak nabung otot sejak dini. Bagaimana caranya?
Dari masa kandungan harus diperhatikan, saat lahir ada faktor stimulus. Atau dengan kata lain, Anda harus membebaskan anak aktif bergerak, namun tetap dalam pantauan.
Ilustrasi anak bermain di taman bermain Foto: Shutterstock
"Ada caranya, yaitu di bawah 6 tahun distimulus dan digerakkan dengan cara bermain. Mainlah sebanyak-banyaknya, tapi tetap pastikan keamanannya, " tuturnya.
Anda juga bisa membantu anak menabung otot dengan cara mengajak mereka bermain yang melibatkan aktivitas fisik. Beberapa di antaranya yakni, main lempar bola dan lainnya. Kemudian tidak melarang anak main lompat-lompatan, lari, serta memanjat.
ADVERTISEMENT
Sebab, hal itu adalah cara alami anak menabung otot. Namun, sebaiknya anak tetap dalam pantauan dan jangkauan ketika mereka sedang bermain permainan yang membutuhkan fisik.