kumparan
search-gray
Mom5 Maret 2020 16:44

5 Seleb yang Pernah Alami Preeklamsia

Konten Redaksi kumparan
5 Seleb yang Pernah Alami Preeklamsia  (557375)
MOMS MANUAL-Waspada Preeklamsia. Foto: Instagram @_irishbella_ @windaviska @cynthia_lamusu @astridtiar127 @tya_ariestya
Preeklamsia saat hamil adalah kondisi yang harus diwaspadai. Ya Moms, dalam dunia medis, preeklamsia diartikan sebagai gangguan kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan disertai dengan gejala kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini umumnya terjadi pada usia kehamilan di atas 20 minggu atau di trimester ketiga kehamilan. Penelitian menunjukkan, setidaknya 5-8 persen wanita hamil mengalami preeklamsia.
Beberapa selebriti tanah air ternyata pernah mengalami preeklamsia saat hamil. Nah Moms, siapa saja selebriti yang pernah berjuang menghadapi preeklamsia? Berikut kumparanMOM merangkumnya untuk Anda.

Irish Bella

5 Seleb yang Pernah Alami Preeklamsia  (557376)
Curhatan Irish Bella alami pendarahan setelah kontraksi. Foto: Instagram/@_irishbella_
Pada Oktober 2019 lalu, Irish Bella harus kehilangan bayi kembarnya yang berjenis kelamin perempuan. Ya, bayi kembarnya yang baru berusia 27 minggu kehamilan itu lahir prematur dan dalam kondisi yang sudah tidak bernyawa.
dr. Gatot Abdurrazak, SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RS Harapan Kita yang menangani Irish Bella kala itu pun sempat memberikan penjelasan terkait penyebab kematian anak kembar Irish. dr. Gatot menjelaskan, Irish tiba di rumah sakit dalam kondisi yang sudah berbahaya. Kedua bayi kembar yang dikandung Irish tak bisa diselamatkan dan meninggal saat masih di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
"Janin yang resipien (penerima darah) sudah bengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil. Meninggal di dalam, itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas, (disebut) solusio plasenta. Itu disebabkan preeklamsia yang disebabkan mirror syndrome. Itu salah satu penyebab preeklamsia," kata dr. Gatot kala itu dalam konpersnya.
5 Seleb yang Pernah Alami Preeklamsia  (557377)
Pesinetron Amar Zoni dan Irish Bella saat konferensi pers terkait keguguran kandungan di kediamannya dikawasan Cinere, Depok, (10/10). Foto: Dok. Ronny
Tekanan darah istri dari Ammar Zoni yang tiba-tiba tinggi membuat plasenta terlepas dari dinding rahim, sehingga aliran darah tidak lancar ke bayi. Ya Moms, pembengkakan dan kenaikan tekanan darah menjadi beberapa tanda dari preeklamsia.
Meski sempat dilanda duka, kini Irish Bella tengah hamil kembali, Moms. Kabar bahagia itu dibagikan pasangan yang menikah pada April 2019 lalu melalui sebuah video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya. Selamat ya Irish dan Ammar!
ADVERTISEMENT

Astrid Tiar

5 Seleb yang Pernah Alami Preeklamsia  (557378)
Astrid Tiar. Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Presenter Astrid Tiar juga pernah merasakan hal serupa ketika mengandung anak pertamanya, Annabel. Sama halnya dengan Tya Ariestya, Astrid pun disarankan untuk melahirkan lebih awal karena preeklamsia. Hal ini rupanya sudah terdeteksi sejak kehamilan memasuki usia sekitar 4 bulan.
Kala itu, Astrid mengaku sempat keracunan karena tekanan darahnya naik. Dokter pun mengatakan padanya bahwa protein tidak tersalurkan ke bayi tapi malah keluar melalui urine.
Istri dari Gerhard Reinaldi Situmorang ini juga mengalami pembengkakkan di beberapa area tubuhnya, seperti kaki. Setelah berjuang menghadapi preeklamsia, pada Januari 2013 lalu, Astrid dapat melahirkan putrinya itu dengan selamat secara operasi caesar.

Winda Viska

5 Seleb yang Pernah Alami Preeklamsia  (557379)
Winda Viska Ria Foto: Iqra Ardini/kumparan
Pada Oktober 2017 lalu, salah satu jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Winda Viska melahirkan bayi keduanya, Mahesa Mulya Tan secara prematur. Hal ini juga karena masalah preeklamsia yang dialaminya.
ADVERTISEMENT
Winda mengatakan bahwa ketika memasuki usia kandungan 7 bulan, ia divonis terkena preeklamsia. Ya, tekanan darahnya secara tiba-tiba naik, padahal sebelumnya setiap konsultasi ke dokter dan diperiksa tekanan darahnya rendah.
"Tapi menjelang di atas (usia) 7 bulan, aku divonis preeklamsia, ada satu gejala tekanan darah tinggi naik. Sebelum hamil malah aku darah rendah," ucap Winda ketika ditemui di RSIA Kemang Medical Care, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, pada Oktober 2017 lalu.
Eksklusif kepada kumparanMOM, Winda Viska juga bercerita bahwa ia baru saja melahirkan bayi ketiganya pada 21 Januari lalu. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu, juga lahir prematur di usia kandungan 8,5 bulan karena Winda kembali mengalami preeklamsia.
“Harusnya due date-nya di tanggal 7 Februari, jadi di 21 itu saya kontraksi, kontraksinya kenceng banget rasanya, karena saya kan pernah melahirkan normal juga, ya, kayak di bukaan 5 gitu. Rasanya sekencang itu, tapi non-stop,” jelas pemeran Saschya dalam sitkom OB ini.
ADVERTISEMENT

Cynthia Lamusu

5 Seleb yang Pernah Alami Preeklamsia  (557380)
Cynthia Lamusu dan Surya Saputra, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11). Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Pasangan selebriti yang satu ini cukup lama menantikan kehadiran buah hati di tengah keluarga. Ya, mereka adalah Cynthia Lamusu dan Surya Saputra.
Setelah penantian panjang sekitar 8 tahun, akhirnya Cynthia dikaruniai anak kembar dan melahirkan pada November 2016 lalu. Ketika itu, Cynthia pun harus melahirkan lebih awal lewat persalinan caesar karena ia mengalami preeklamsia.
Ya Moms, di trimester ketiga kehamilan, tekanan darah istri dari Surya Saputra ini naik, yaitu mencapai 170/199 mmHg. Maka dari itu, agar tidak berisiko pada ibu dan bayinya, dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi caesar. Bayi kembar dari pasangan ini pun terlahir dengan kondisi selamat dan sehat.