kumparan
19 Juni 2018 11:31

5 Tips Agar Anak Rajin Beribadah

Ilustrasi anak lebaran
Ilustrasi anak lebaran (Foto: THINKSTOCK)
Semua orang tua rasanya menginginkan anaknya taat beragama. Selain rajin menjalankan ritual ibadahnya, orang tua juga tentu ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang mampu berperilaku baik sesuai dengan ajaran agamanya. Lalu, apa yang bisa dilakukan orang tua agar anak rajin beribadah?
ADVERTISEMENT
Berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan orang tua agar si kecil rajin beribadah seperti yang dikutip kumparanMOM dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud.
1. Memberikan Contoh yang Baik
Ilustrasi anak puasa
Ilustrasi anak puasa (Foto: THINKSTOCK)
Sebagai orang tua, Anda diharapakan menjadi orang yang pertama dan utama dalam memberikan contoh yang baik untuk anak dalam beribadah. Ibarat cermin bagi anak, semakin bagus yang ia lihat, maka semakin bagus juga hasil pancarannya.
2. Memberikan Pemahaman yang Benar
Ilustrasi anak dan orang tua.
Ilustrasi anak dan orang tua. (Foto: Thinkstock)
Obrolan tentang agama penting hadir saat Anda sedang bercakap-cakap. Bantu si kecil memahami kaitan ibadah dengan perilaku sehari-hari. Pastikan anak memahami pentingnya menjalankan ibadah, bukan sekadar kewajiban tetapi juga kebutuhan manusia sebagai makhluk ciptaannya.
Misalnya seperti dengan mengatakan ibadah adalah bentuk terima kasih kita pada Sang Pencipta yang bertujuan untuk mendapatkan ketenangan.
ADVERTISEMENT
3. Membiasakan
Ilustrasi ibu dan anak.
Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Thinkstock)
Lakukan ibadah dengan teratur sesuai dengan ajaran agama yang dianut. Keteraturan akan membentuk kebiasaan yang baik. Apabila Anda sedang bersama anak-anak, ajaklah mereka untuk beribadah bersama. Luangkan juga waktu untuk melakukan percakapan bermakna sebelum atau sesudah beribadah.
4. Mengikuti Kegiatan Keagamaan
Ilustrasi Baju Lebaran Anak
Ilustrasi Baju Lebaran Anak (Foto: Thinkstock)
Anda juga bisa mengikutkan anak pada kegiatan keagamaan bersama dengan teman-teman sebayanya, seperti pesantren kilat, pengajian, retret, atau sejenisnya untuk memberikan pengalaman beragam yang positif bagi anak.
5. Berikan Dukungan Pada Anak
Ilustrasi ibu dan anak.
Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Thinkstock)
Jangan lupa untuk selalu memberikan dukungan yang baik kepada anak Moms, agar ia tetap semangat beribadah. Puji juga setiap usaha yang dilakukannya, sekecil apapun itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan