Mom
·
8 Juni 2021 13:01
·
waktu baca 3 menit

5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi (29035)
5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi Foto: Freepik
Susu sapi merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Tapi tak hanya itu, susu sapi juga kaya akan vitamin.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, susu sapi mengandung macam-macam vitamin yang masing-masing punya berbagai peran bagi tubuh. Seperti metabolisme, pengangkutan oksigen, hingga antioksidan. Vitamin dalam susu sapi juga dapat membantu tubuh mengangkut karbohidrat, protein, dan lemak.
Yuk, baca terus untuk memahami lebih lengkap ada kandungan vitamin apa saja di dalam susu sapi dan apa manfaatnya untuk tubuh.

Macam-macam Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi

5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi (29036)
5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi Foto: Freepik
1. Vitamin B1
Susu mengandung Vitamin B1 atau thiamin, yang membuat tubuh bisa memaksimalkan karbohidrat sebagai energi. Vitamin B1 ini penting untuk metabolisme glukosa, dan memainkan peran kunci dalam fungsi saraf, otot, dan jantung.
Vitamin B1 ini membantu mencegah penyakit seperti beri-beri, yang melibatkan gangguan jantung, saraf, dan sistem pencernaan, Moms.
ADVERTISEMENT
2. Vitamin B2
Vitamin B2, atau riboflavin, adalah satu dari delapan vitamin B yang penting bagi kesehatan manusia. Mengutip Medical News Today, selain ditemukan dalam susu sapi, vitamin ini pun dapat ditemukan dalam biji-bijian dan tumbuhan.
Vitamin ini sangat penting untuk memecah komponen makanan, menyerap nutrisi lain, dan memelihara jaringan.
Apa lagi? Vitamin B2 juga membantu memecah protein, lemak, dan karbohidrat yang dapat memainkan peran penting dalam menjaga pasokan energi tubuh.
Karena tubuh hanya dapat menyimpan vitamin B2 dalam jumlah kecil, sehingga akan lebih baik jika Anda sekeluarga mengkonsumsi sumber vitamin B2 setiap hari agar persediaannya dalam tubuh tidak cepat turun.
5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi (29037)
5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi Foto: Freepik
3. Vitamin B12
Vitamin B12, juga dikenal sebagai kobalamin, adalah vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh tetapi tidak dapat diproduksi sendiri. Sehingga untuk mendapatkannya, Anda dan keluarga harus mengkonsumsi produk hewani dan juga meminum susu sapi.
ADVERTISEMENT
Mengutip Healthline, vitamin B12 memiliki banyak peran dalam tubuh, seperti mendukung fungsi normal sel saraf, membantu pembentukan sel darah merah, dan juga sintesis DNA.
Selain itu, vitamin B12 juga dapat meningkatkan energi, meningkatkan daya ingat, dan membantu mencegah penyakit jantung.
4. Vitamin A
Vitamin A merupakan vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh kembang yang baik. Vitamin ini sangat penting untuk pengenalan sel, penglihatan, fungsi kekebalan, dan reproduksi.
Tak hanya itu, vitamin A juga dapat menyehatkan jantung, paru-paru, ginjal, dan membantu organ lain untuk berfungsi dengan baik.
5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi (29038)
5 Vitamin yang Ada di Dalam Susu Sapi Foto: Shutterstock
5. Vitamin D
Susu sapi yang difortifikasi, biasanya mengandung vitamin D. Vitamin D ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Selain itu, vitamin D juga dapat melindungi dari berbagai penyakit seperti diabetes tipe 1.
ADVERTISEMENT
Pada sebuah ulasan tahun 2018, para peneliti juga telah menemukan fakta bahwa vitamin D memiliki efek perlindungan terhadap virus influenza. Lalu, American Academy of Allergy Asthma and Immunology (AAAAI) juga menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D pada bayi dapat meningkatkan risiko alergi.