6 Kebiasaan Mudah yang Bikin Anak Sehat

27 Oktober 2019 9:11 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak makan Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak makan Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kondisi badannya yang sehat maka senantiasa menunjang hari-harinya anak. Ia jadi bisa bermain dengan teman-teman, berkonsentrasi di sekolah, serta melakukan aneka kegiatan lain tanpa gangguan.
ADVERTISEMENT
Agar si kecil bisa sehat, orang tua perlu menanamkan kebiasaan baik, yakni gaya hidup sehat sejak dini. Dan harapannya, bisa terus terbawa saat sedang tak bersama Anda hingga ia dewasa nanti.
Mengajarkan anak untuk menjalankan pola hidup sehat, tentunya punya banyak manfaat, seperti: menghindari malnutrisi hingga menjalani hidup lebih bahagia dan positif.
Ilustrasi anak belajar makan sendiri Foto: Shutterstock
Eka Herdiana selaku Nutritionist dari Nestlé Indonesia memaparkan 6 kebiasaan baik yang perlu diajarkan ke anak, seperti berikut:
1. Berikan Asupan Gizi Sesuai Usia
Ini karena setiap usia membutuhkan asupan gizi, makanan dan cara pemberian yang berbeda, Moms.
“Jadi kita tidak bisa mengeneralisir pemberian makanan pada setiap usia,” ungkap Eka saat ditemui kumparanMOM dalam perayaan International Chefs Day yang digelar Nestlé Indonesia di Almod Zucchini, Jakarta beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui nutrisi yang dibutuhkan sesuai usia si kecil, Anda bisa membacanya di sini.
2. Konsumsi Beragam Jenis Makanan
Kenalkan anak pada aneka jenis makanan dan tetap pastikan gizinya sehat seimbang. “Karena yang namanya gizi seimbang itu hanya bisa kita penuhi kalau kita konsumsi beragam jenis makanan. Sebab setiap makanan punya manfaat masing-masing,” katanya.
Karena itu, jangan batasi varian makanan anak dan hindari melarang ia mencoba makanan baru. Tugas Anda adalah memberi informasi terkait kandungan-kandungan di dalam makanan itu, Moms.
Ilustrasi sajian bakso dengan sayuran dan bahan sehat lain untuk anak Foto: Shutterstock
3. Mengatur Porsi Makan
Kementerian Kesehatan menjelaskan, cara termudah untuk mengatur porsi makan adalah dengan metode portion plate. Maksudnya adalah dalam satu piring bagi menjadi 1/4 porsi untuk protein, kemudian 1/4 lagi untuk karbohidrat dan 1/2 sisanya diisi sayur dan buah.
ADVERTISEMENT
“Dengan mengikuti cara ini mudah-mudahan terhindar dari malnutrisi,” kata Eka.
Di luar makanan pokok, Anda juga bisa menyediakan dan membiasakan si kecil untuk mengkonsumsi camilan sehat seperti potongan buah atau sayur.
4. Konsumsi Air Putih
Ya, Moms, mungkin banyak dari kita yang lebih tergoda dengan air berasa ketimbang air putih. Bukan berarti tidak boleh, tapi air putih harus jadi nomor pertama.
Pedoman Gizi Seimbang 2014 dari Kementerian Kesehatan juga mengatakan bahwa air merupakan sumber cairan paling baik yang punya segudang manfaat. Misalnya membantu pencernaan, membuang racun, sebagai penyusun sel dan darah, mengatur keseimbangan asam basa tubuh hingga mengatur suhu tubuh.
anak minum air putih Foto: Shutterstock
5. Aktif Bergerak
Di era seperti ini, rasa-rasanya anak lebih suka berdiam diri di rumah dan memainkan gadget, Moms? Mungkin wajar saja, tapi Anda tetap perlu mendorongnya aktif bergerak. Misalnya Anda bisa mengajak ia mencuci mobil bersama, berkebun, hingga membersihkan rumah.
ADVERTISEMENT
Beri tahu anak bahwa dengan aktif bergerak itu punya banyak manfaat. Di antaranya menurunkan risiko obesitas, mengembangkan kemampuan motorik, mengambil keputusan, fokus hingga kerja sama.
6. Makan Bersama
Kebiasaan baik yang perlu Anda terapkan selanjutnya adalah mengajak anak untuk makan bersama. Sebab makan bersama bisa menjadi salah satu kegiatan yang tepat untuk mengajarkan kebiasaan baik pada anak.
“Misalnya menjadi role model dalam artian mama papa makan sayur atau buah dengan anak-anak melihatnya (secara langsung maka) akan ikut mencobanya,”
Kemudian, makan bersama juga menjadi salah satu media untuk mengajarkan anak menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.