Mom
·
22 November 2020 9:07

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Terlihat cantik dan tampil menarik merupakan keinginan setiap wanita, tak terkecuali ibu hamil. Mulai dari melakukan perawatan wajah hingga melakukan perawatan rambut seperti mewarnai rambut.
ADVERTISEMENT
Meski selama ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa mewarnai rambut bisa membahayakan kehamilan, tapi tetap saja bahan-bahan kimia dari pewarna rambut biasa bisa saja mengganggu perkembangan janin Anda.
Oleh sebab itu, para ahli menyarankan Anda agar mewarnai rambut saat usia kehamilan trimester kedua atau menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan Alami untuk Mewarnai Rambut

7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut (119746)
Bahan Alami untuk Mewarnai Rambut Foto: Shutterstock
Ya Moms, daripada khawatir dengan dampak pewarna rambut kimia, Anda bisa mencoba mewarnai rambut dengan bahan-bahan alami ini tanpa takut membahayakan bayi Anda.
Mengutip Baby Gaga, berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pewarna rambut:
Jus Lemon
7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut (119747)
jus lemon bisa jadi pewarna alami rambut untuk ibu hamil. Foto: Pixabay
Kandungan asam sitrat yang ada di dalam lemon bisa menjadi zat pemutih alami dan bereaksi dengan ultra-violet serta oksigen untuk mencerahkan rambut.
ADVERTISEMENT
Bila ingin menggunakan jus lemon untuk pencerah alami warna lambut Anda, peras lemon ke dalam botol semprot dan tambahkan air. Setelah itu, semprotkan ke helai rambut yang ingin diwarnai lebih cerah dan berjemurlah Paparan sinar matahari pada rambut yang sudah disemprot jus lemon akan secara alami mengubah komposisi melanin di rambut!
Madu Mentah
7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut (119748)
Ilustrasi madu mentah organik yang bisa digunakan ibu hamil untuk mewarnai rambut Foto: Shutterstock
Selain jus lemon, madu mentah organik (organic raw honey) juga mengandung pemutih alami yakni hidrogen peroksida yang biasanya digunakan untuk bleaching rambut. Produk ini biasanya dijual di supermarket besar atau toko online.
Untuk menggunakannya, Anda perlu menambahkan air dalam kemasan ke dalam beberapa sendok madu. Setelah itu, larutan madu tersebut diusapkan ke rambut Anda, setelah itu bungkus dengan handuk, lalu tunggu sekitar satu jam sebelum dibilas.
ADVERTISEMENT
Jus Wortel
7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut (119749)
ilustarsi jus wortel Foto: Pixabay
Jika Anda menginginkan warna oranye dengan highlight kemerahan yang sejuk, coba gunakan jus wortel yang dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah menunggu satu jam, bilas pewarna dengan cuka sari apel. Ulangi proses ini setiap hari sampai warnanya cukup kuat.
Jus Bit
7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut (119750)
Buah bit mengandung senyawa anti-inflamasi. Foto: Thinkstockphotos
Sebagai alternatif, jika Anda ingin memberi warna kemerahan yang lebih pada rambut Anda, pilih jus bit yang dicampur dengan minyak rambut alami. Biarkan pewarna selama sekitar satu jam sebelum dibilas.
Daun Sage
7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut (119751)
Daun sage Foto: Shutter Stock
Daun sage merupakan tumbuhan yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap dalam makanan. Selain berfungsi untuk bumbu, daun sage ternyata bisa dijadikan bahan untuk mewarnai rambut Anda lho, Moms. Meskipun daunnya berwarna hijau muda, sage mengandung pigmen yang bisa menggelapkan rambut secara alami. Jadi cocok bagi Anda yang mulai beruban, nih!
ADVERTISEMENT
Untuk membuatnya, tambahkan satu sendok makan daun sage kering dengan secangkir air matang. Biarkan campuran tersebut terendam selama sekitar dua jam. Setelah itu peras daunnya dan tuangkan campuran tersebut ke rambut Anda, biarkan meresap selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dan ulangi proses tersebut setiap hari sampai rambut menjadi gelap.
Pewarna Makanan
Mewarnai rambut Anda dengan pewarna makanan adalah cara menyenangkan lainnya untuk mengubah penampilan Anda. Campurkan pewarna makanan yang Anda sukai dengan sampo sesuai dengan panjang-pendek rambut Anda. Kocok adonan hingga bahan tercampur rata.
Basahi rambut Anda dan aplikasikan campuran dari akar ke atas. Tutupi rambut Anda dan tunggu selama 30-3 jam tergantung tingkat warna yang Anda inginkan. Setelah itu bilas rambut sampai bersih.
ADVERTISEMENT
Henna
7 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Ibu Hamil sebagai Pewarna Rambut (119752)
Ilustrasi ibu hamil mewarnai rambut dengan henna Foto: shutterstock
Henna sejak dulu dikenal sebagai tumbuhan pewarna rambut alami untuk memberikan highlight rambut coklat kemerahan. Untuk menggunakannya, cuci rambut hingga bersih dan tentukan jumlah bubuk henna yang ingin digunakan sesuai ketebalan rambut.
Campur dengan air hangat dan gunakan segera pada rambut secara merata atau pada bagian yang diinginkan. Setelah itu biarkan satu hingga tiga jam, baru bilas hingga bersih dengan air dingin.