7 Hal yang Perlu Diketahui Saat Merencanakan Hamil Anak Kedua

10 Desember 2022 9:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Hal yang Perlu Diketahui Saat Merencanakan Hamil Anak Kedua. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Hal yang Perlu Diketahui Saat Merencanakan Hamil Anak Kedua. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat merencanakan hamil anak pertama hingga melahirkan, ibu biasanya mencari tahu banyak hal karena baru pertama kali menjadi orang tua. Mulai dari informasi seputar kehamilan, proses persalinan, hingga pola asuh anak, akan banyak dicari dan dipelajari bersama suami.
ADVERTISEMENT
Namun, bisa jadi hal serupa tidak banyak dilakukan lagi ketika merencanakan kehamilan anak kedua. Ya Moms, terlepas kapan Anda dan suami ingin menambah jumlah anak, tapi kini Anda sudah lebih berpengalaman dengan anak pertama.
Apa saja sih yang akan cukup berbeda saat ingin memiliki anak lagi, dibandingkan pengalaman sebelumnya yang masih menjadi calon orang tua? Yuk simak penjelasannya!

Seputar Hal-hal yang Perlu Dipahami Ketika Ingin Punya Anak Kedua

Ibu hamil trimester pertama Foto: Shutterstock
1. Momen Kehamilan Berbeda
Dikutip dari laman Parents, saat hamil anak pertama, Anda cenderung akan fokus pada kehamilan sendiri. Sehingga, Anda cukup punya waktu untuk mengurus diri sendiri maupun suami. Namun tidak dengan anak kedua, apalagi Anda memiliki anak yang sedang aktif-aktifnya.
ADVERTISEMENT
Begitu juga belum tentu Anda akan mengalami morning sickness seperti kehamilan pertama. Ingat Moms, tidak ada kehamilan yang sama. Jadi, Anda lebih perlu ekstra tenaga untuk mengurus si anak sulung sekaligus memastikan kehamilan tetap berjalan lancar dan sehat.
2. Perbedaan Perlakuan
Ketika hamil anak pertama, mungkin lebih banyak keluarga atau teman yang sangat menanti kehadiran si calon buah hati. Namun bisa jadi kondisinya berbeda saat hamil anak kedua. Tetap antusias dan senang, kok! Namun karena Anda sudah pernah hamil, jadi momennya tidak se-hype sebelumnya.
3. Baby Bump
Kemunculan perut yang menonjol akan lebih awal daripada kehamilan pertama. Bisa jadi sudah muncul saat usia kehamilan di akhir trimester pertama, atau sekitar 14-16 minggu. Sebab, kehamilan sebelumnya telah meregangkan otot-otot perut dan terkadang tidak kembali ke ukuran semula. Begitu juga dengan gerakan bayi yang cenderung terasa lebih cepat juga dibandingkan hamil pertama lho, Moms!
Ilustrasi ibu hamil dan suami. Foto: Shutterstock
4. Lebih Tenang
ADVERTISEMENT
Karena sudah lebih berpengalaman, Anda cenderung lebih santai dan tenang dalam menghadapi kehamilan anak kedua. Jadi, Anda sudah lebih memahami ketika punggung dan kaki nyeri saat menopang perut yang membesar, atau posisi tidur lebih nyaman.
5. Lebih Siap untuk Persalinan
Lagi, karena sudah memiliki pengalaman melahirkan, Anda jadi sudah lebih siap dalam menghadapi persalinan. Mulai dari perlengkapan untuk dibawa ke rumah sakit atau bidan, hingga senam-senam yang dilakukan untuk membantu tubuh lebih rileks.
6. Lebih Banyak Kontraksi Palsu
Saat sudah memasuki trimester ketiga, mungkin Anda akan lebih sering mengalami kontraksi palsu, atau dikenal juga dengan Braxton Hicks. Dilansir Today's Parent, mungkin awalnya Anda mengira itu hanyalah bayi yang bergerak namun durasinya lebih sering. Tetapi lebih jauh dari itu, itu bisa jadi pertanda sedang mengalami kontraksi palsu.
ADVERTISEMENT
7. Persalinan Lebih Cepat
Karena rahim dan serviks sudah pernah melalui proses melahirkan, jadi persalinan kedua Anda pun cenderung lebih mudah dan cepat. Seperti misalnya, mengejan lebih sedikit bayi sudah keluar. Satu studi menunjukkan, ibu yang pertama kali melahirkan rata-rata mengalami sembilan jam persalinan aktif, dan satu jam mengejan. Sementara ibu yang melahirkan kedua kali dan seterusnya rata-rata menghabiskan enam jam persalinan aktif, dan setengah jam saja untuk mengejan.