kumparan
18 Sep 2019 14:07 WIB

7 Pilihan Krim Ruam Popok untuk Bayi

Ilustrasi Krim Popok Bayi. Foto: Shutter Stock
Beberapa bayi rentan alami ruam popok. Kondisi tersebut ditandai dengan beberapa gejala, seperti kulit bayi yang tampak memerah di sekitar pantat, lipatan paha, paha, dan alat kelamin.
ADVERTISEMENT
Ruam popok umumnya disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya saja, popok bayi terlalu basah dan kotor karena urine atau tinja, infeksi jamur dan bakteri, kulit bayi yang sensitif akibat paparan bahan kimiawi yang terdapat di popok atau akibat bayi yang mengkonsumsi antibiotik.
Mengoleskan krim ruam popok menjadi salah satu cara penanganan dini yang bisa dilakukan agar iritasi tidak semakin menyebar ke bagian kulit lain dan mengganggu kenyamanan si kecil. Menurut dr. Srie Prihianti, SpKK. PhD, Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), sekaligus dokter spesialis kulit di Erha Derma Center, Pondok Indah, Jakarta Selatan, pemberian krim ruam popok boleh dilakukan setiap hari.
"Sejauh ini kandungan yang ada di dalam diaper rash cream aman untuk digunakan setiap hari. Diaper rash cream berguna untuk membantu mengurangi iritasi ringan yang terjadi area popok akibat kontak dengan urin atau kotoran dan juga mencegah terjadinya diaper rash", ujar dr. Srie Prihianti saat dihubungi kumparanMOM beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, untuk memudahkan Anda memilih, berikut 7 merek krim ruam popok untuk bayi yang bisa jadi pertimbangan Anda. Kami juga mencantumkan harganya, sesuai survei yang kami lakukan di toko-toko online pada Rabu (18/9).
  1. Pigeon Baby Diaper Rash Cream
Loading Instagram...
Pigeon Baby Diaper Rash Cream diklaim dibuat dari bahan-bahan pilihan yang alami sehingga aman untuk kulit bayi. Produk ini mengandung zinc oxide mengatasi ruam popok atau kemerahan di kulit si kecil. Sementara chamomile dan jojoba oil yang terkandung di dalamnya mampu menjaga kulit bayi tetap lembut.
Produk ini hypoallergenic, sehingga aman digunakan pada kulit yang sensitif. Selain itu, krimnya terasa ringan dan lembut, tidak lengket dan cepat menyerap.
Harga: Rp 16.000,00/60 gram.
ADVERTISEMENT
  1. Zwitsal Baby Cream
Zwitsal Baby Cream. Foto: Zwitsal
Produk Zwitsal Extra Care Baby Cream with Zinc mengandung bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk melindungi kulit bayi dari iritasi ringan. Produk ini mengandung zinc yang cocok digunakan sebelum memakai popok.
Zwitsal Baby Cream dapat merawat kulit bayi akibat ruam popok, meredakan iritasi atau kemerahan sehingga menjaga kulit bayi tetap sehat dan lembut.
Produk ini juga hypoallergenic, sehingga aman untuk kulit sensitif, aman digunakan setiap hari, dan mudah menyerap ke dalam kulit.
Harga: Rp 19.900,00/50 gram
  1. My Baby Diaper Rash Cream
My Baby Diaper Rash Cream. Foto: My Baby
My Baby Diaper Rash Cream diklaim bisa melindungi kulit sensitif bayi dari kemerahan akibat ruam popok, udara panas, dan bakteri penyebab iritasi.
Krim ruam popok ini dibuat dari bahan-bahan pilihan yang natural sehingga aman untuk kulit si kecil. Kandungan zinc oxide yang berfungsi untuk mengatasi kemerahan dan iritasi juga ringan di kulit.
ADVERTISEMENT
Krim ini juga mengandung multivitamin (A, E, F, B5) yang menjaga kulit bayi tetap sehat. My Baby Diaper Rash Cream mengandung ekstrak aloe vera yang membuat kulit bayi tetap lembut.
Harga: Rp 16.000,00/50 gram.
  1. Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream
Loading Instagram...
Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream mengandung natural anti-bacterial yang telah teruji secara dermatologi. Produk ini juga hypoallergenic, sehinga aman digunakan untuk bayi dengan kulit sensitif.
Produk Sleek Baby Diaper Cream ideal digunakan setiap kali ganti popok. Dengan kandungan pH 5, produk ini mengandung moisturizer yang dapat melembapkan kulit.
Tak hanya itu, krim popok ini juga diklaim terasa lembut di kulit, tidak membuat gatal dan iritasi, dan aman digunakan secara rutin.
Harga: Rp 24.000,00/80 gram.
ADVERTISEMENT
  1. Cussons Diaper Rash Cream
Cussons baby diaper rash cream. Foto: Cussons baby
Cussons Diaper Rash mengandung tanaman witch hazel yang dikenal sebagai bahan pembersih dan penyegar wajah. Kandungan herbal ini ternyata memiliki sifat anti-peradangan. Tanaman witch hazel juga bisa meredakan rasa nyeri dan iritsi akibat ruam popok bayi.
Produk Cussons Baby ini diklaim punya tesktur yang creamy. Namun, ketika dioleskan tidak menimbulkan rasa lengket dan mudah diserap kulit.
Harga: Rp 12.500,00/50 gram.
  1. Pure Baby Diaper Cream
Pure Baby Diaper Cream Foto: Pure Baby
Ruam popok umumnya terjadi karena kulit bayi masih tipis dan mudah kering. Untuk mengatasi hal itu, Pure Baby Diaper Cream diformulasikan dengan mengandung minyak jarak.
Jenis minyak ini berfungsi untuk melembapkan kulit kering. Selain itu, krim ruam ini juga mengandung minyak biji bunga matahari. Kandungan tersebut juga dapat menghaluskan dan melembapkan kulit. Kombinasi bahan-bahan itu diklaim bisa membantu melindungi kulit bayi dari kuman, bakteri, jamur, serta amonia yang dihasilkan oleh urine dan feses.
ADVERTISEMENT
Harga: Rp 65.000,00/100 gram.
  1. Bambi Rash Krim
Loading Instagram...
Bambi Rash Cream diklaim memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak mengganggu kenyamanan bayi.
Krim ruam popok ini mengandung zinc oxide yang dapat melindungi kulit bayi dari iritasi. Bahkan, dapat mempercepat pemulihan kulit yang mengalami iritasi dan kemerahan. Bila dipakaikan ke kulit si kecil, krimnya akan terasa sejuk dan nyaman.
Harga: Rp 25.000,00/50 gram.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan