7 Tren Konten TikTok yang Berbahaya, Orang Tua Harus Tahu!

3 April 2021 17:00
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
7 Tren Konten TikTok yang Berbahaya, Orang Tua Harus Tahu! (27281)
searchPerbesar
7 Tren Konten TikTok yang Berbahaya Foto: Freepik
Selain orang dewasa, banyak anak yang juga sering dan antusias saat bermain TikTok. Ya Moms, anak-anak boleh saja bermain TikTok, namun tentunya dengan beberapa peraturan.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa hingga saat ini, TikTok hanya punya dua pengaturan, yaitu private (hanya bisa dilihat oleh orang yang membuat) dan publik. Ya. tidak ada pilihan 'friends only'. Sehingga, jangan biarkan anak punya akun sendiri. Sebab, ia berisiko mengalami kejahatan di dunia maya, seperti pelecehan seksual karena identitas pribadi mereka terekspos.
7 Tren Konten TikTok yang Berbahaya, Orang Tua Harus Tahu! (27282)
searchPerbesar
Ilustrasi TikTok. Foto: DADO RUVIC/REUTERS
Oleh karena itu, Moms, pastikan orang tua harus selalu mengawasi kegiatan anak saat ia bermain TikTok. Jangan sampai, anak terlalu berlebihan mengekspresikan diri, sehingga bisa saja membuat konten yang tidak pantas atau berbahaya. Beberapa orang--termasuk anak-anak, mungkin saja akan melakukan apa pun dalam membuat konten agar viral, mulai dari melakukan tantangan yang lucu bahkan berbahaya.
Ya Moms, kini banyak tren konten TikTok yang viral dan banyak diikuti oleh penggunanya, termasuk anak-anak. Namun, tidak semua tantangan atau konten tersebut aman diikuti oleh si kecil, ya. Oleh sebab itu, bila anak Anda suka bermain TikTok, Anda harus paham beberapa tren konten viral yang bisa membahayakannya.
ADVERTISEMENT

7 Tren Konten TikTok yang Berbahaya

1. Silhouette Challenge
Silhouette challenge ini merupakan video yang memperlihatkan lekuk tubuh wanita tanpa busana atau hanya dalaman saja, namun dalam bentuk siluet bercahaya merah. Tantangannya, wanita melakukan transisi dari pakaian kasual, kemudian melepas pakaiannya tersebut sambil berdiri di ambang pintu.
Silhouette challenge ini berbahaya bagi wanita yang berpartisipasi. Sebab, beberapa orang menemukan cara mengedit video TikTok untuk mengungkap tubuh asli wanita tanpa siluet. Beberapa klip yang diedit, diposting secara online tanpa persetujuan pihak bersangkutan.
2. Burning Pile Challenge
Burning pile challenge ini memperlihatkan pengguna TikTok melakukan transisi dari pakaian kasual ke tampilan yang lebih dark seperti pakaian yang serba hitam atau makeup seram. Namun masalahnya, transisi ini dilakukan sambil memegang pemantik korek ke depan wajah. Salah satu bintang TikTok, Madi Monroe, mencoba tren tersebut sampai rambutnya terbakar. Bahaya sekali ya, Moms!
ADVERTISEMENT
3. Sugar Waxing
Beberapa pengguna TikTok sangat suka melakukan eksperimen, salah satunya membuat sugar waxing sendiri. Dalam pembuatan sugar waxing yang viral di TikTok, mereka mencampurkan gula, lemon, dan air panas, kemudian dioleskan langsung ke kulit untuk waxing.
Karena teknik waxing ini mulai ramai dan jadi daya tarik di TikTok, para ahli seperti dikutip dari News Week, memperingatkan bahwa hal ini dapat menyebabkan luka bakar, infeksi, dan jaringan parut jika dilakukan tidak benar.
4. Stand Up Challenge
Stand up challenge ini melibatkan dua orang, di mana satu orang tengkurap dan satunya lagi berdiri di punggung temannya. Tantangannya adalah, orang yang tengkurap harus bisa berdiri secara bertahap, sementara orang yang berdiri di punggungnya harus loncat dan mendarat di tubuh temannya. Tantangan ini berhasil jika bisa loncat lalu mendarat di bahu temannya yang berdiri.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, para ahli memperingatkan bahwa orang-orang yang bukan atlet atau pesenam profesional yang terlatih khusus, dilarang mencoba tantangan ini. Sebab dikhawatirkan, tantangan ini membuat patah leher akibat terjatuh.
5. Throw It in The Air Challenge
Tren throw it in the air challenge ini melibatkan sekelompok orang yang berdiri di lingkaran sambil melihat ke ponsel yang disimpan di bawah. Kemudian, seseorang akan melempar benda ke udara dan tantangannya adalah untuk tidak kaget jika benda yang dilempar jatuh ke kepala. Bahaya sekali, jika benda tersebut mengenai anak Anda.
6. Jaw Exercise
Para pengguna TikTok yang mengikut challenge jaw exercise percaya bahwa dengan menggunakan alat senam rahang dapat memberi garis rahang seperti dipahat. Namun para ahli memperingatkan bahwa challenge ini dapat merusak gigi dan rahang.
ADVERTISEMENT
7. Penny challenge
Penny challenge ini sangat berbahaya karena penantangnya harus menjatuhkan uang koin ke soket yang telah dimasukkan pengisi daya. Begitu koin menyentuh pengisi daya, maka akan menyebabkan percikan listrik atau bahkan kebakaran.
Jadi, Moms, awasi saat anak Anda sedang bermain TikTok dan pastikan si kecil tidak mengikuti tren konten atau tantangan berbahaya, seperti yang dijelaskan di atas.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020