Mom11 September 2020 13:50

Alasan Kimberly Ryder Latih Bayinya Tidur Tanpa Empeng

Konten Redaksi kumparan
Alasan Kimberly Ryder Latih Bayinya Tidur Tanpa Empeng (166762)
Kimberly Ryder hamil anak kedua. Foto: Instagram/@kimbrlyryder
Dot atau empeng dianggap bisa menenangkan bayi yang rewel. Tak jarang, beberapa ibu menggunakan empeng untuk membantu si kecil agar bisa tidur dengan mudah. Hal ini pula yang dilakukan aktris Kimberly Ryder. Ya Moms, Kimberly menggunakan empeng agar anaknya, Rayden Starlight Akbar bisa tidur pulas.
ADVERTISEMENT
Namun kini, istri dari Edward Akbar ini tampaknya ingin meninggalkan kebiasaan tersebut. Bahkan, ia juga sepertinya secara perlahan mulai belajar menyapih si kecil. Hal ini dilakukan Kimberly tak lain karena ia tengah hamil anak kedua.
"Lagi ngajarin bobo tanpa binky (empeng). Kasihan terus mencarinya. Butuh waktu lama, tapi akhirnya bobo juga dia habis dinyanyiin Rock-a-Bye Booboo (sajak anak-anak ya, bukan lagu zaman sekarang," tulis Kimberly Ryder dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya.
Alasan Kimberly Ryder Latih Bayinya Tidur Tanpa Empeng (166763)
Kimberly Ryder dan anaknya. Foto: Instagram/@kimbrlyryder

Alasan Kimberly Berhenti Berikan Empeng pada Bayinya

Moms, sebelumnya perlu kita ketahui bahwa pemberian dot bayi atau empeng hingga kini masih menuai pro dan kontra. Beberapa ibu menggunakan empeng agar si kecil dapat tenang alias tak rewel. Bahkan, empeng dapat membantu bayi tidur --seperti yang dilakukan Kimberly. Namun beberapa lainnya beranggapan empeng tak baik untuk pertumbuhan gigi bayi. Salah satu alasan Kimberly sendiri ingin melatih anaknya agar tidur tanpa empeng karena ia khawatir gigi si kecil nantinya berantakan. Bahkan ia menjelaskan bahwa empeng dapat membuat bayi mudah terkena infeksi telinga.
ADVERTISEMENT
"Giginya bisa numbuh berantakan (maju) dan ngempeng bisa buat baby gampang infeksi telinga," jawab Kimberly menjawab salah satu pertanyaan netizen di kolom komentarnya terkait alasan berhenti menggunakan empeng.
Lantas sebenarnya, bayi lebih baik diberi empeng atau tidak, ya?
Alasan Kimberly Ryder Latih Bayinya Tidur Tanpa Empeng (166764)
Ilustrasi Empeng Bayi Foto: Pixabay

Penjelasan Dokter terkait Pemberian Empeng pada Bayi

dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Dokter Spesialis Anak sekaligus konsultan menyusui mengatakan, penggunaan empeng maupun botol dot tidak dianjurkan untuk bayi yang masih menyusu ASI karena dapat menyebabkan bingung puting. Jadi, ia menyarankan agar ibu tidak mengenalkan dot maupun empeng kepada si kecil.
Bayi yang sudah tidak menyusu pun tidak disarankan diberikan empeng, Moms. Sebab menurut dr. Wiyarni pemberian empeng lebih banyak memberikan dampak negatif dibandingkan manfaat untuk bayi.
ADVERTISEMENT
Memang, hal yang wajar di usia 0-18 bulan, bayi berada pada fase oral --sangat senang mengisap sesuatu di mulutnya. Oleh karena itu, bayi suka mengisap jempolnya untuk mencari kenyamanan atau self soothing. Namun bukan berarti Anda harus memberikan empeng pada si kecil, ya, Moms. Terlebih, jika sudah terbiasa diberi empeng, bayi akan lebih susah disapih.
"Akan lebih susah menyapih bayi yang terbiasa diberi empeng karena ia akan mencari lagi dan lagi. Bahkan bisa lebih susah daripada menyapih dari ASI," ungkap dr. Wiyarni kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Alasan Kimberly Ryder Latih Bayinya Tidur Tanpa Empeng (166765)
Bayi diberi empeng Foto: Pixabay

Risiko yang Mengintai Bayi Apabila Diberi Empeng

Memberikan empeng kepada si kecil juga bisa diikuti risiko kesehatan. Jika tidak ada yang mengawasi, bayi bisa saja memasukkan lagi empeng yang jatuh ke dalam mulutnya. Hal inilah yang berisiko menyebabkan diare.
ADVERTISEMENT
Radang telinga tengah juga lebih mudah dialami bayi yang terbiasa ngempeng. Risiko jangka panjang antara lain perubahan bentuk rahang dan dapat memengaruhi pertumbuhan gigi yang dikenal dengan istilah 'pacifier teeth'.
Alasan Kimberly Ryder Latih Bayinya Tidur Tanpa Empeng (166766)
Ilustrasi ibu memeluk bayi. Foto: Shutter Stock

Tips agar Bayi Tak Tergantung dengan Empeng

Sebagai gantinya, dr. Wiyarni menyarankan orang tua dapat mencari cara lain untuk menenangkan bayinya. Misalnya saja, memeluk atau mengajak si kecil bicara yang bisa meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Dengan begitu, bayi Anda akan lupa soal memasukkan jari ke mulut maupun empengnya.
"Bayi sebenarnya mengisap jempol saat merasa tidak nyaman, enggak ada yang bisa dilakukan. Kalau orang tua merespons dengan mengajaknya ngobrol, diajak bernyanyi, bayi akan lupa ingin memasukkan sesuatu dalam mulutnya," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, jadi apa yang dilakukan Kimberly Ryder, yaitu melatih bayinya agar tidur tanpa empeng adalah hal yang baik untuk si kecil, ya.