Mom
·
19 Agustus 2020 10:10

Andien Aisyah Gunakan Kol Dingin untuk Atasi Payudara Bengkak saat Menyusui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Andien Aisyah Gunakan Kol Dingin untuk Atasi Payudara Bengkak saat Menyusui (4913)
Andien Aisyah Gunakan Kol Dingin untuk atasi Payudara Bengkak. Foto: Instagram/@andienaisyah
Menyusui membawa banyak manfaat untuk bayi maupun untuk ibu. Namun memang, proses menyusui tak selamanya berjalan lancar. Berbagai tantangan saat menyusui bisa saja ditemui saat menyusui. Begitu juga yang dialami oleh penyanyi, Andien Aisyah. Saat menyusui anak pertamanya, Kawa, Andien mengaku pernah mengalami engorgement (pembengkakan) payudara. Pembengkakan payudara ini membuat ASI-nya, sulit keluar.
ADVERTISEMENT
Kondisi bengkak payudara ini bahkan kembali dirasakan pelantun 'Let It be My Way' tersebut di anak keduanya, Tabi. Agaknya hal ini membuat Andien merasa perlu menulis kembali caranya mengatasi pembengkakan payudara saat menyusui memalui satu unggahan di akun Instagram pribadinya beberapa waktu lalu.
Andien Aisyah Gunakan Kol Dingin untuk Atasi Payudara Bengkak saat Menyusui (4914)
Andien Aisyah Gunakan Kol Dingin untuk atasi Payudara Bengkak. Foto: Instagram/@andienaisyah

Kol Dingin untuk Atasi Payudara Bengkak saat Menyusui

Ya Moms, Anda tak salah baca: kol dingin! Bukan obat, kol dingin memang jadi andalan Andien Aisyah untuk mengatasi payudara bengkak saat menyusui.
"Ini bukan tentang fashion. Ini tentang kol dingin dan perempuan yang keras kepala. Dua kali mengalami engorgement, dua kali juga kol dingin menyelamatkan hidupku. Tentunya setelah air mata, demam tinggi, konsultasi ke konselor laktasi, dan pijat," tulis Andien di unggahan yang menampilkan dirinya berpose dengan lembaran kol berwarna putih menyembul di dada.
ADVERTISEMENT
Tapi sebenarnya, benarkah kol dingin bisa atasi payudara bengkak saat menyusui?
Sepertinya begitu, Moms! Mengutip Verywell Family, kol dingin dapat digunakan sebagai kompres untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit di area payudara. Lantas, bagaimana cara penggunaannya?
Nah untuk itu, simak beberapa tips penggunaan kol dingin untuk payudara.
Andien Aisyah Gunakan Kol Dingin untuk Atasi Payudara Bengkak saat Menyusui (4915)
Ilustrasi Kol. Foto: Shutter Stock
1. Sebelum, potong kol dan sesuaikan dengan bentuk payudara Anda. Kemudian cuci kol dengan air mengalir dan taruh di chiller kulkas selama 15-30 menit.
2. Setelah itu, letakkan kol yang sudah dingin itu ke area payudara Anda yang bengkak. Diamkan selama 20-30 menit atau hingga daun kolnya layu. Anda pun dapat melakukannya di sela waktu menyusui.
3. Hentikan penggunaan jika pembengkakan sudah berangsur berkurang dan Anda menjadi lebih nyaman.
ADVERTISEMENT
4. Untuk memudahkan dalam beraktivitas, Anda bisa menyelipkan kol dingin di dalam bra.
Bagaimana, Moms? Apakah Anda tertarik mengikuti Andien Aisyah gunakan kol dingin untuk atasi payudara bengkak saat menyusui?