Apa itu Pembengkakan Adenoid seperti yang Dialami Anak Rachel Vennya?

7 November 2022 12:58
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rachel Vennya dan Xabiru. Foto: Instagram/@rachelvennya
zoom-in-whitePerbesar
Rachel Vennya dan Xabiru. Foto: Instagram/@rachelvennya
ADVERTISEMENT
Kabar kurang menyenangkan datang dari selebrgram Rachel Vennya. Pada unggahan Instagram-nya, Jumat (4/11), Rachel bercerita bahwa anak sulungnya, Xabiru Oshe Al Hakim, baru saja menjalani operasi pembengkakan adenoid.
ADVERTISEMENT
“Jadi dari lahir abang (Xabiru) itu udah banyak alerginya, dan akhirnya jadi sering pilek dan batuk. Pas umur setahun aku udah punya feeling kalau abang selalu buka mulut. Awalnya beberapa orang bilang itu kebiasaan, tapi aku punya insting kuat kalo pasti karena sesuatu. Aku bawa ke dokter dan bener aja abang adenoidnya bengkak,” tulis wanita 27 tahun tersebut dalam kolom caption.
Rachel sempat khawatir karena Xabiru memiliki alergi debu dan selalu pilek setelah berenang. Selain itu, Xabiru kerap mendengkur dan membuka mulut saat tidur. Ketika Rachel mencoba menutup mulutnya, anak 4 tahun tersebut tampak kesulitan bernapas. Rachel lantas membawa Xabiru ke dokter dan akhirnya diputuskan untuk operasi karena terjadi pembengkakan adenoid.
ADVERTISEMENT
“Pas aku cek, ternyata alur jalan napas lewat hidung bener-bener tipis banget dan amandelnya juga bengkak. Akhirnya memutuskan untuk operasi. Sedih banget ngeliat anak abis dibius tuh, ya Allah. Tapi seneng banget abang berani walaupun untuk masa recovery abang enggak bisa napas pakai hidung selama dua minggu,” pungkas Rachel.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

Apa itu Pembengkakan Adenoid seperti yang Dialami Xabiru?

Mengutip Kids Health, adenoid adalah jaringan yang berada di bagian paling belakang salurang hidung. Seperti amandel, adenoid membantu menjaga tubuh tetap sehat dengan menjebak bakteri dan virus berbahaya yang terhirup atau tertelan.
Karena adenoid berfungsi untuk menjebak kuman, jaringan adenoid terkadang membengkak saat mencoba melawan infeksi. Alergi juga dapat membuat pembengkakan menjadi lebih parah. Kondisi ini disebut dengan adenoiditis.
ADVERTISEMENT
Adapun gejala adenoiditis pada anak yaitu sebagai berikut:
  1. Sulit bernapas lewat hidung dan cenderung bernapas lewat mulut. Hal ini membuat mulut dan bibirnya jadi kering.
  2. Berbicara dengan suara sengau, seolah-olah hidungnya terjepit.
  3. Memiliki bau mulut.
  4. Mendengkur saat tidur.
  5. Berhenti bernapas selama beberapa detik saat tidur atau obstructive sleep apnea. Kondisi ini menyebabkan gangguan tidur, masalah belajar atau perilaku, mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan jantung, hingga membuat anak mengompol.
  6. Mengalami infeksi hidung atau sinus yang sering atau kronis.
  7. Mengalami infeksi telinga atau gangguan pendengaran.
Dalam beberapa kasus, dokter akan menyarankan agar anak melakukan adenoidektomi atau pengangkatan adenoid yang membengkak. Setelah operasi, anak mungkin akan merasa tidak nyaman selama masa pemulihan, seperti sakit tenggorokan, pilek, napas yang berbunyi, atau bau mulut. Namun, kondisi tersebut umumnya akan pulih kurang lebih satu minggu setelah operasi.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020