Apakah Diare Jadi Tanda Persalinan Akan Datang?

21 Mei 2024 13:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu hamil diare. Foto: christinarosepix/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu hamil diare. Foto: christinarosepix/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Moms, tahukan Anda bahwa buang air besar dan persalinan merupakan hal yang berkaitan? Jadi Anda tak perlu malu jika tak sengaja buang air besar ketika melahirkan!
ADVERTISEMENT
Ya Moms, terkadang kita tidak bisa mengontrol buang air besar saat persalinan pervaginam. Bahkan tak sedikit ibu yang buang air besar tanpa sadar saat sedang melahirkan, dan itu normal, kok.

Kata Ahli soal Hubungan Persalinan dan Diare pada Ibu Hamil

Para ahli mengatakan buang air besar menjadi tanda persalinan yang jarang dibicarakan. Di sisi lain, tidak banyak data yang mengungkap seberapa banyak ibu buang air besar ketika melahirkan.
Ilustrasi ibu hamil. Foto: christinarosepix/Shutterstock
Sementara, dokter obgyn di Stony Brook Medicine, New York, Amerika Serikat, Vaibhavi Umesh, MD, menyebut buang air besar bisa menjadi tanda persalinan akan segera datang, namun bukan awal terjadinya persalinan.
“Terkadang, orang merasa gugup untuk membicarakan topik yang menakutkan, terutama yang berkaitan dengan diare. Ini adalah topik yang sangat pribadi,” ujar Dokter Umesh dikutip dari Parents.
ADVERTISEMENT
Kepala Obgyn di St. Mary's Medical Center di Fort Lauderdale, Florida, (AS) Melanie Altizer, mengatakan orang tua baru biasanya lebih mewaspadai tanda-tanda persalinan.
Ilustrasi baju ibu hamil. Foto: Natalia Deriabina/Shutterstock
“Diare selama persalinan paling sering dimulai 24-48 jam sebelum persalinan, namun setiap pasien berbeda,” kata Dokter Altizer.
Ya, Moms, diare saat kontraksi menjelang persalinan merupakan hal yang wajar terjadi. Ini merupakan dorongan alami tubuh, sebab kontraksi yang kuat dan hormon pada ibu hamil menjelang waktu bersalin dapat membawa efek pada sistem pencernaan.
Ibu hamil yang mengalami diare juga dapat terjadi karena banyak hal, seperti mengonsumsi makanan tertentu, perubahan pola makan, penyakit, dan beberapa faktor lain. Artinya, diare pada ibu hamil bukan berarti menjadi tanda persalinan akan datang.
ADVERTISEMENT