Mom
·
17 November 2020 10:57

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Soda?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Soda?  (52315)
Ilustrasi ibu hamil minum soda. Foto: Shutter Stock
Di tengah cuaca yang terik, ibu hamil mungkin ingin mengonsumsi minuman segar, seperti soda. Ya Moms, bila ditambah es batu, minuman soda rasanya benar-benar bisa menyegarkan tenggorokan dan membuat hari Anda makin semangat.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, tunggu dulu, ya. Ingat, saat hamil, Anda harus benar-benar memerhatikan asupan yang Anda konsumsi. Sebab, semua yang Anda makan dan minum, juga akan diserap oleh janin dan bisa memengaruhi perkembangannya.
Lantas, bagaimana dengan soda? Bolehkah ibu hamil mengonsumsinya?

Minuman Soda untuk Ibu Hamil

Moms, ibu hamil ternyata boleh-boleh saja minum soda. Sebab, jenis minuman tersebut tidak akan memengaruhi janin selama dikonsumsi dalam jumlah terbatas.
Dikutip dari Mom Junction, American College of Obstetrician and Gynecologist merekomendasikan agar ibu hamil tidak mengonsumsi minuman bersoda lebih dari 330 mililiter atau setara dengan satu botol atau kaleng kecil per hari.
Konsumsi minuman soda lebih dari jumlah tersebut dapat berdampak pada kesehatan Anda maupun janin Anda. Apa saja?
ADVERTISEMENT

Dampak Bila Minum Minuman Soda Terlalu Banyak

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Soda?  (52316)
Ibu hamil minum minuman soda. Foto: Shutterstock
1. Kehilangan Kalsium
Salah satu kandungan zat kimia dalam minuman bersoda adalah asam fosfat. Zat tersebut berkontribusi terhadap meningkatnya penyerapan fosfor dalam tubuh. Kondisi itu bisa menghambat penyerapan kalsium yang sangat berguna bagi kesehatan tulang ibu hamil dan janin.
Kalsium yang terserap oleh tubuh bisa mengakibatkan penurunan massa tulang yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis pada ibu hamil.
2. Risiko Cacat Lahir
Minuman bersoda juga bisa menyebabkan bayi cacat lahir bila dikonsumsi tidak sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.
3. Menyebabkan Bayi Obesitas
Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Soda?  (52317)
Ilustrasi Janin Minggu ke-11. Foto: Shutter Stock
Kadar pemanis buatan dalam minuman bersoda cukup tinggi. Bila dikonsumsi secara terus menerus, maka berisiko melahirkan bayi dengan berat badan berlebih. Hal ini bisa meningkatkan terjadinya obesitas pada bayi sejak dini.
ADVERTISEMENT
4. Keguguran
Mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak juga bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil. Jadi, lebih baik hindari mengonsumsi minuman bersoda sebelum usia kehamilan Anda memasuki minggu ke-20 dan jaga jangan sampai berlebihan jumlahnya, ya!