Mom
·
23 Juli 2021 7:57
·
waktu baca 2 menit

Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan? (26796)
searchPerbesar
Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan? Foto: Freepik
Virus corona dapat menyebar lewat droplet atau partikel cairan kecil ketika seseorang batuk, bersin atau berbicara. Ya Moms, karena virus corona menyebar lewat droplet, sehingga Anda harus menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan menggunakan masker untuk mencegahnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus corona juga dapat menyebar di lingkungan dalam ruangan yang berventilasi buruk dan atau ramai, di mana orang cenderung menghabiskan waktu lebih lama. Ini karena aerosol tetap melayang di udara.
Lantas, bagaimana jika Anda pergi berbelanja ke supermarket atau pasar? Apakah barang belanjaan Anda dapat membawa virus corona dan menularkannya? Mengingat supermarket dan pasar adalah tempat yang ramai dan terkadang ventilasinya juga buruk.

Penjelasan soal Penularan Virus Corona Lewat Barang Belanjaan

Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan? (26797)
searchPerbesar
Apakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan? Foto: Freepik
Mengutip Mayo Clinic, ada kemungkinan virus corona dapat menempel pada barang belanjaan seperti buah dan sayuran. Namun, apakah ini bisa membuat Anda tertular virus corona jika mengonsumsinya?
Menurut WHO, virus corona tidak dapat berkembang biak dalam makanan, virus ini membutuhkan hewan hidup atau inang manusia untuk berkembang biak dan bertahan hidup, Moms.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu menjaga kebersihan saat menyiapkan makanan untuk keluarga. Seperti mencuci semua buah dan sayuran dengan bersih menggunakan air mengalir sebelum memakannya, dan tidak perlu menggunakan sabun.
Kemudian, jangan lupa untuk membersihkan ayam, daging, atau ikan dengan cermat. Bila perlu, Anda bisa membersihkan kulitnya menggunakan sikat yang bersih. Lalu, Anda harus memasak makanan dengan matang, setidaknya hingga 70 derajat celsius.
Jangan lupa, untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air, segera setelah Anda pulang berbelanja. Anda juga bisa membersihkan dan desinfeksi semua tas belanja yang biasa digunakan.
Untuk tas kain, lebih baik direndam dalam air detergen atau dicuci menggunakan mesin cuci. Tas lainnya, dapat dibersihkan menggunakan lap atau disinfektan.
ADVERTISEMENT
Namun yang paling penting, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat berbelanja bahan makanan, apalagi di pasar dan supermarket sulit menjaga jarak dengan pembeli lain. Jika menggunakan troli, jangan lupa disemprot dulu pegangannya menggunakan disinfektan.
Terapkan juga etika batuk atau bersin yang baik saat berada di toko. Hindari menyentuh mulut, hidung, atau mata saat berbelanja. Minimalkan kontak tangan langsung dengan makanan yang menggunakan penjepit dan peralatan penyajian yang tersedia.
Jika memungkinkan, lebih baik bayar belanjaan menggunakan uang digital, agar tidak ada kontak langsung dengan petugas kasir. Supaya lebih aman, bila memungkinkan lebih baik berbelanja secara online saja di rumah.