Mom
·
22 Juli 2021 12:52
·
waktu baca 2 menit

Bisakah Virus Corona Menular Lewat Kemasan Makanan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bisakah Virus Corona Menular Lewat Kemasan Makanan? (10004)
searchPerbesar
Bisakah Virus Corona Menular Lewat Kemasan Makanan? Foto: Freepik
Virus corona bisa menyebar lewat berbagai cara. Misalnya saja, lewat droplet atau partikel cairan kecil ketika seseorang batuk, bersin atau berbicara, Moms.
ADVERTISEMENT
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus corona dapat menyebar antara orang ke orang yang melakukan kontak erat, biasanya dalam jarak kurang dari 1 meter. Kemudian, terinfeksi ketika aerosol atau tetesan yang mengandung virus terhirup atau bersentuhan langsung dengan mata, hidung, atau mulut.
Virus ini juga dapat menyebar di lingkungan dalam ruangan yang berventilasi buruk dan atau ramai, di mana orang cenderung menghabiskan waktu lebih lama. Ini karena aerosol tetap melayang di udara, Moms.
Lantas, apakah virus corona dapat menyebar juga lewat kemasan makanan? Berikut penjelasannya.

Penjelasan soal Virus Corona Menyebar Lewat Kemasan Makanan

Bisakah Virus Corona Menular Lewat Kemasan Makanan? (10005)
searchPerbesar
Bisakah Virus Corona Menular Lewat Kemasan Makanan? Foto: Freepik
Untuk mencegah penyebaran virus corona, sekarang banyak tempat makan yang menawarkan sistem take away dan delivery. Namun mungkin Anda tetap khawatir jika kemasan makanannya dapat menularkan virus corona.
ADVERTISEMENT
Namun, jangan panik berlebihan dulu, Moms. Mengutip Mayo Clinic, tidak ada bukti seseorang bisa tertular virus corona setelah menyentuh kemasan makanan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga menggaris bawahi bahwa tidak ada bukti kredibel bahwa kemasan makanan dapat menularkan virus corona.
International Commission on Microbiological Specifications for Foods juga menyatakan bahwa selama pandemi COVID-19 ini, belum ada bukti bahwa makanan, kemasan makanan, atau penanganan makanan bisa jadi sumber penyebaran virus corona.
Hanya saja, Anda memang harus lebih waspada di kondisi seperti ini. Sehingga, tetap lakukan protokol kesehatan yang ketat. Seperti mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air setelah menyentuh kemasan makanan.
Lalu, pindahkan makanan ke piring bersih menggunakan peralatan yang bersih. Jangan lupa untuk cuci tangan lagi sebelum makan. Anda juga bisa membersihkan dan melakukan disinfeksi kemasan makanan sebelum menyentuhnya, Moms. Pastikan saja, makanan Anda tidak terpapar cairan disinfektan.
ADVERTISEMENT