Mom
·
20 Juli 2021 11:51
·
waktu baca 2 menit

Konsumsi Vitamin D Bisa Cegah COVID-19, Benar Enggak Ya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Konsumsi Vitamin D Bisa Cegah COVID-19, Benar Enggak Ya? (37800)
searchPerbesar
Konsumsi Vitamin D Bisa Tangkal COVID-19, Benar Enggak Ya? Foto: Getty Images
Untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi corona ini, banyak orang melakukan berbagai cara agar tak mudah terjangkit virus yang mematikan itu. Bahkan akhir-akhir ini, berbagai macam vitamin yang diklaim dapat menangkal COVID-19 pun dicari orang di toko obat, apotek, maupun, e-commerce. Misalnya saja, vitamin D.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, memang tak dapat dipungkiri jika vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang. Tak hanya itu, vitamin D juga berperan menjaga sistem imun untuk melindungi diri agar tak mudah sakit, mencegah osteoporosis, mengendalikan gula darah, hingga mengatasi hipoparatiroid, rakitis, dan hipofosfatemia.
Tapi, apakah benar konsumsi vitamin D bisa cegah COVID-19, ya? Yuk, simak penjelasan berikut ini, Moms.

Penjelasan soal Benar Tidaknya Konsumsi Vitamin D Dapat Tangkal Virus Corona

Konsumsi Vitamin D Bisa Cegah COVID-19, Benar Enggak Ya? (37801)
searchPerbesar
Ilustrasi minum suplemen atau vitamin. Foto: Getty Images
Mayo Clinic melansir, salah satu penelitian telah mengamati bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D yang tinggi mengalami COVID-19 dengan gejala berat, seperti gagal pernapasan akut. Orang-orang ini dinilai memiliki risiko kematian yang jauh lebih tinggi.
Selain itu, dikutip dari The Guardian, studi eksperimental di Prancis yang dilakukan di panti jompo menunjukkan hasil mengejutkan soal manfaat vitamin D. Mereka mengatakan hasil survei dari 66 orang lansia di sana menunjukkan bahwa konsumsi vitamin D secara teratur dapat mengurangi gejala parah COVID-19 dan meningkatkan kelangsungan hidup.
ADVERTISEMENT
Penelitian yang melibatkan 200 orang di Korea Selatan juga menunjukkan hasil sama, di mana mereka menyebut kekurangan vitamin D dapat menurunkan kekebalan terhadap COVID-19 dan menyebabkan gejala yang lebih parah.
Namun, terkait apakah konsumsi vitamin D bisa menangkal COVID-19 atau tidak, sebenarnya hingga kini belum ada cukup data yang bisa membuktikannya, Moms. Bahkan, hal ini juga masih jadi perdebatan di antara para ilmuwan.
Yang pasti, perlu diketahui bahwa vitamin D adalah salah satu nutrisi yang memang penting bagi tubuh manusia, dengan catatan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Cara Memperoleh Vitamin D untuk Jaga Imunitas Tubuh

Ada pun vitamin D itu dapat dengan mudah Anda dapatkan secara gratis alias cuma-cuma saat berjemur di pagi atau siang hari, Moms. Diketahui bahwa sinar matahari sangat penting dalam pembentukan vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang. Tak hanya itu, vitamin D yang terdapat dalam sinar matahari juga berfungsi untuk menjaga sistem pernapasan.
ADVERTISEMENT
Berjemurlah di antara jam 10.00 (pagi) dan 14.00 (siang) untuk mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan. Untuk anak-anak dan orang dewasa, cukup 15-20 menit saja sehari, tapi untuk bayi cukup 5 menit saja sudah cukup.
Tak hanya dari berjemur, vitamin D juga dapat diperoleh dari beragam jenis makanan, seperti ikan salmon, tuna, keju, jamur, kuning telur, udang, hingga susu.
Namun, bila Anda merasa kekurangan vitamin D dan membutuhkan suplemen, sebaiknya bicarakan terlebih dulu dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan resep atau dosis obat sesuai yang dibutuhkan.